Mohon tunggu...
Widz Stoops
Widz Stoops Mohon Tunggu... Animal Lover

Smile! It increases your face value.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Sekilas Ilmu Politik Barat hingga India Kuno

18 Februari 2021   19:39 Diperbarui: 18 Februari 2021   19:40 341 50 14 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sekilas Ilmu Politik Barat hingga India Kuno
https://unsplash.com/@brett_jordan

Manusia adalah mahluk sosial yang tidak dapat hidup dalam kesendirian, karena alasan inilah naluri alamiah untuk bertahan hidup memaksa manusia untuk menjalani kehidupan kolektif.

Menurut Aristoteles, kehidupan kolektif ini membutuhkan mekanisme politik aturan, regulasi dan kepemimpinan. Masyarakat yang terorganisir perlu suatu sistem untuk membuat dan menegakkan aturan guna tertibnya perilaku dalam masyarakat.

Hal ini menyebabkan evolusi sistem politik dengan institusi dan prosedur pemerintah yang rumit di setiap masyarakat. Karena itulah manusia adalah uga mahluk politik. Ilmu politik merupakan salah satu subjek studi tertua tentang kehidupan sosial manusia.

Politik bukan hanya sebagai lembaga pemerintahan, tetapi juga mekanisme untuk mencapai tujuan masyarakat. Ilmu politik adalah ilmu sosial yang mementingkan teori dan praktek politik serta deskripsi dan analisis sistem politik dan perilaku politik.

Ini mencakup hal-hal yang berkaitan dengan alokasi dan transfer kekuasaan dalam pengambilan keputusan, peran dan sistem pemerintahan termasuk pemerintah dan organisasi internasional, perilaku politik dan kebijakan publik.

Dengan demikian Ilmu politik adalah studi tentang pemerintahan atau negara di masa lalu, sekarang dan masa depan; organisasi politik, proses politik dan fungsi politik; lembaga politik dan teori politik.

Ilmu politik memiliki beberapa subbidang, antara lain: teori politik, kebijakan publik, politik nasional, hubungan internasional, hak asasi manusia, politik lingkungan dan politik komparatif.

Istilah 'politik', berasal dari kata Yunani 'Polis', yang berarti negara. Menurut Filsuf Yunani, Politik adalah mata pelajaran yang berhubungan dengan semua kegiatan dan urusan negara.

Negara atau "Polis" adalah istilah yang mencakup semua, karena orang Yunani kuno tidak membedakan antara negara bagian dan Pemerintah di satu sisi, juga Negara dan Masyarakat di sisi lain.

Merekapun tidak pernah membedakan antara kehidupan pribadi dan kehidupan sosial. Karenanya menurut mereka Politik adalah studi total tentang manusia, masyarakat, negara, moralitas dan sebagainya.

Hal ikhwal politik Barat dapat ditelusuri jejaknya yaitu pada masa Socrates, Plato dan Aristoteles. Studi tersebut berorientasi pada filosofi. Plato menulis "The Republic" dan Aristoteles menulis "Politics"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN