Mohon tunggu...
Widiyanto Nugroho
Widiyanto Nugroho Mohon Tunggu... an engineering student

describe the moments, share the happiness

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Optimalisasi Bank Sampah di Desa Mrisi bersama Mahasiswa KKN Undip

12 Februari 2020   20:38 Diperbarui: 12 Februari 2020   20:36 113 0 0 Mohon Tunggu...

Rabu (05/02/20) - Tim I KKN Undip Desa Mrisi 2020 mengadakan program multidisiplin yang berjudul "Optimalisasi Bank Sampah dengan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga". 

Isi dari kegiatan tersebut adalah penyuluhan pemilahan sampah dan demonstrasi pemanfaatan sampah anorganik menjadi kerajinan dan demonstrasi pemanfaatan sampah organik menjadi kompos. 

Kegiatan yang dilaksanakan di balai desa Mrisi tersebut dimulai pukul 09.00 WIB dan dihadiri oleh Ibu-ibu Fattayat selaku pengelola dan penanggungjawab program bank sampah. 

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah supaya sampah yang dikumpulkan oleh masyarakat tidak langsung dijual, melainkan dapat dimanfaatkan terlebih dahulu menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat.

dokpri
dokpri
Kegiatan tersebut memiliki tiga sesi materi, materi pertama tentang "Pengelolaan Sampah Rumah Tangga" yang disampaikan oleh mahasiswi Lailatul Fitri Asykurillah. 

Materi kedua disampaikan oleh mahasiswa Bintang Andy Nugroho mengenai "Pengolahan Sampah Organik : Pupuk Kompos dan Pengolahan Sampah An-Organik" Yang terakhir adalah materi tentang "Analisis Kelayakan dan Perhitungan Ekonomi: yang disampaikan oleh mahasiswi Dinah Asma Rafidah. 

Ibu-ibu yang hadir sangan antusias dalam mengikuti kegiatan ini da memiliki rasa ingin tahu mengenai cara pembuatan kompos dan cara pembuatan bunga dari botol bekas. Melalui kegiatan ini diharapkan peserta dapat memilah sampah dengan baik dan dapat membedakan sampah mana yang dapat digunakan lagi dan yang dapat dijadikan kompos. 

Selain itu diharapkan peserta dapat membuat kompos sendiri sebagai pupuk tanaman dan dapat memanfaatkan sampah menjadi barang yang lebih berguna contohnya membuat bunga dari botol bekas. Diharapkan Ibu-ibu Fatayat dapat membagikan ilmu yang telah didapatkan dari kegiatan ini kepada ibu-ibu yang lain di Desa Mrisi.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x