Mohon tunggu...
Widiyanto Nugroho
Widiyanto Nugroho Mohon Tunggu... an engineering student

describe the moments, share the happiness

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Mbelik Kaputran sebagai Potensi Wisata Desa Tosaran

16 Agustus 2019   14:58 Diperbarui: 17 Agustus 2019   10:46 0 2 1 Mohon Tunggu...
Mbelik Kaputran sebagai Potensi Wisata Desa Tosaran
Dokpri

Mbelik Kaputran adalah sebuah tempat wisata yang berada di Desa Tosaran, Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan. Secara administrative berada di wilayah Dusun Kebaran, terletak sekitar 900 m sebelah timur Balai Desa Tosaran. Mbelik secara bahasa berarti "mata air". Mata air ini tidak pernah kering walaupun musim kemarau melanda. Airnya dimanfaatkan untuk irigasi maupun rumah tangga (sebagian kecil). Konon katanya, barangsiapa laki-laki berendam dan meminum air yang muncul dari Belik Kaputran ini maka akan meningkat kejantanannya. Lokasi wisata tersebut memiliki akses yang mudah dijangkau karena berada di tengah-tengah pemukiman, hanya berjarak 2 km dari jalan raya Kedungwuni -- Langkap.

Berdasarkan kunjungan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Tim II UNDIP 2019 Desa Tosaran, ditemukan beberapa permasalahan yaitu kurangnya informasi keberadaan tempat wisata ini serta belum selesainya pembangunan/pemugaran situs wisata.

Pemerintah desa Tosaran sendiri dua tahun terakhiri telah serius menggarap Belik Kaputran menjadi tempat wisata yang "instagrammable" dengan memugar lokasi dan memperbaiki akses jalan menuju ke lokasi. Namun belakangan pembangunan terhenti dikarenakan pendanaan yang tidak mencukupi untuk meneruskan pengembangan lokasi wisata. Pemerintah Desa Tosaran sendiri membuka ruang seluas-luasnya bagi pihak yang ingin bekerja sama membantu penyelesaian pembangunan terebut.

Diharapkan tempat wisata ini mampu menarik wisatawan lebih banyak nantinya, sehingga mampu memberikan sumbangsih pendapatan masyarakat desa Tosaran.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x