Mohon tunggu...
Widiya kurniawati
Widiya kurniawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Jika tidak bisa unggul dalam urusan dunia maka wajib unggul dalam urusan akhirat

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Iseng Bisa Jadi Untung! Tren Foto Kekinian Bisa Menjadi Peluang Usaha Fotografer

29 November 2022   14:09 Diperbarui: 29 November 2022   14:16 491
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto moment terakhir dengan teman kerja, dok. pribadi

Foto adalah suatu hal yang digemari oleh perempuan ataupun laki-laki, tua ataupun muda. Tujuan dari berfoto tidak lain yaitu agar bisa mengabadikan moment-moment yang kita lewati bersama orang-orang tercinta dengan mengabadikannya lewat foto. Lewat jepretan yang diambil, kita bisa mengenangnya hingga beberapa tahun kemudian. Beberapa tahun kemudian mungkin kita akan sangat bersyukur karena dengan fotografi kenangan-kenangan manis kita terabadikan.

Tetapi Seringkali orang beranggapan bahwa mengambil sebuah foto merupakan hal yang sangat mudah, banyak yang menganggap bahwa mengambil foto itu hanya sekedar pencet tombol kemudian jadilah sebuah foto yang bagus. Padahal  kenyataanya banyak sekali aspek yang harus dipelajari untuk dapat menghasilkan sebuah foto yang bagus. Nah, kali ini mari kita pahami bersama mengenai apa sih fotografi itu sendiri dan bagaimana  teknik-teknik dalam fotografi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) fotografi diartikan sebagai seni dan penghasilan gambar dan cahaya pada film atau permukaan yang dipekakan. Sedangkan menurut Wikipedia fotografi berasal dari Bahasa Inggris yaitu 'photography' yang mana berasal dari Bahasa Yunani yaitu 'photos' artinya cahaya dan 'Grafo' yang artinya menulis atau melukis. Sehingga secara umum fotografi dapat diartikan sebagai proses melukis atau menulis dengan menggunakan media cahaya. Sementara itu menurut Ansel Adams, fotografi adalah sebagai media berekspresi dan komunikasi yang kuat, menawarkan berbagai persepsi, interpretasi,dan ekseskusi yang tak terbatas.

Berdasarkan pengertian fotografi di atas bisa disimpulkan bahwa fotografi merupakan aktivitas mengambil gambar melalui kamera untuk menghasilkan karya seni dan bisa dinikmati baik diri sendiri atau orang lain. Maka dari itu, fotografi memiliki banyak teknik yang bisa membantu dalam menghasilkan berbagai karya yang membuat orang tertarik untuk melihatnya.

Kalian sering mendengar kata-kata tren? Apa pengertian tren itu sendiri? Jadi tren sendiri adalah suatu fenomena yang populer dalam suatu jangka waktu yang tertentu. Nah apakah kalian menyadari bahwa di dunia bahkan di Indonesia sendiri hal yang lagi tren atau viral akan mudah diikuti oleh orang, entah dengan alasan ingin mengekspresikan diri, atau hanya ikut-ikutan agar tidak ketinggalan zaman.

Pada tahun 2022 ini ada tren foto kekinian menggunakan kamera untuk dipasang disetiap sosial media dengan tujuan agar banyak orang yang tau dan menyukai foto mereka. Akhirnya dari tren ini banyak orang yang mengikutinya, tetapi kebanyakan orang tidak memiliki kamera. Kemudian dari sini muncul lah ide-ide usaha, seperti penyewaan kamera, jasa fotografer, bahkan sekarang banyak kita jumpai tempat yang menyediakan untuk foto studio.

Mengambil foto itu tidak hanya sekedar cekrek kemudian jadilah sebuah foto yang bagus dan menarik. Tetapi banyak teknik-teknik dasar dalam fotografer yang harus diketahui. Apa saja sih teknik-tekniknya ?

Menurut pijarmahir.id ada 5 teknik dasar yang wajib diketahui sebelum melakukan pemotretan. Yuk, simak teknik dasar fotografi yang wajib dipelajari secara mendalam agar foto yang dihasilkan sempurna.

  • Framing atau Komposisi

Komposisi dapat diartikan sebagai susunan yang dalam istilah fotografi memiliki arti susunan foto dalam batasan satu ruang. Cara dalam menyusun elemen pada objek foto yang penting secara keseluruhan yang ada dalam foto. Teknik dasar fotografi ini sendiri ada banyak jenisnya, kamu bisa menggunakannya untuk menghasilkan karya ataupun sekedar bereksperimen. Terdapat beberapa panduan yang dapat digunakan untuk membantu meningkatkan skill teknik fotografi yang kamu miliki.

  • Fokus

Agar hasil foto yang kamu hasilkan terlihat bagus, objek yang kamu pilih harus terlihat fokus. Seorang fotografer harus membiasakan diri membidik objek dengan fokus walaupun dalam keadaan under pressure. Saat ini, rata-rata lensa kamera sudah dilengkapi dengan fitur Auto Focus (AF) yang dapat membantumu menangkap objek secara jernih dan fokus.

  • Depth of Field

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun