Mohon tunggu...
Widi Kurniawan
Widi Kurniawan Mohon Tunggu... Human Resources - Pegawai

Pengguna angkutan umum yang baik dan benar | Best in Citizen Journalism Kompasiana Award 2022

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

KRL Anjlok, Bagaimana Penumpang Antisipasi Jadwal yang Terganggu?

26 November 2022   23:13 Diperbarui: 27 November 2022   02:48 315
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Proses evakuasi KRL anjlok di Kampung Bandan (sumber: twiiter @CommuterLine/@annepurba)

Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line jurusan Kampung Bandan -- Manggarai mengalami anjlok di perlintasan Stasiun Kampung Bandan, Jakarta Utara, Sabtu 26 November 2022 siang. Tak ada korban jiwa di kejadian tersebut. KRL itu hanya terisi sekitar 50 penumpang saat kejadian.

Pihak PT KAI Commuter Indonesia (KCI) telah menyampaikan permintaan maaf sehubungan kejadian tersebut melalui akun twitter resmi @CommuterLine. Proses evakuasi disinyalir membutuhkan waktu 8 hingga 10 jam untuk memulihkan lagi jalur dan layanan KRL.

Meski tidak menimbulkan korban jiwa dan tidak berada di rush hour dan bukan di hari kerja, kejadian anjloknya KRL ini perlu mendapat perhatian khusus dan wajib dievaluasi. Sementara kronologis dan penyebab peristiwa itu sendiri belum diketahui dan tentunya masih menunggu penyelidikan.

Memang suatu musibah kecelakaan tidak ada yang menginginkan. Tetapi masyarakat pengguna KRL tentu saja mengharapkan jaminan keamanan dan kenyamanan, meskipun bayar ongkosnya murah sekalipun.

Proses evakuasi KRL anjlok di Kampung Bandan (sumber: twiiter @CommuterLine/@annepurba)
Proses evakuasi KRL anjlok di Kampung Bandan (sumber: twiiter @CommuterLine/@annepurba)

Apresiasi tentu saja dialamatkan kepada PT KAI dan KCI yang sudah berupaya cepat mengevakuasi dan menangani dampak kejadian tersebut. Tapi di satu sisi sebuah pekerjaan rumah besar menanti ke depan, yaitu memastikan kejadian serupa tidak terulang kembali.

Sangat tidak terbayangkan dan tidak diharapkan jika peristiwa pahit begini terjadi di weekdays.

Tak hanya penumpang di dalam kereta yang terdampak, setelah kejadian tersebut banyak keluhan dan pertanyaan berseliweran di media sosial terkait gangguan pelayanan yang terjadi. 

Imbas dari anjloknya KRL di Kampung Bandan memang mengakibatkan banyak jadwal perjalanan batal dan KRL tidak sesuai jadwal yang seharusnya.

Bagaimana antisipasi jadwal KRL yang terganggu?

Munculnya gangguan perjalanan KRL Commuter Line, sudah pasti harus diantisipasi dengan baik oleh penumpang. Menurut pengalaman saya sebagai penumpang KRL selama bertahun-tahun, penumpang KRL memang harus rajin-rajin membuka media sosial sebelum memutuskan menggunakan transportasi massal itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun