Mohon tunggu...
Widi Kurniawan
Widi Kurniawan Mohon Tunggu... Human Resources - Pegawai

Pengguna angkutan umum yang baik dan benar | Best in Citizen Journalism Kompasiana Award 2022

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Tanah Abang Padat, Ternyata Lebaran Tanpa Baju Baru Lebih Menakutkan Dibandingkan Corona

2 Mei 2021   19:22 Diperbarui: 2 Mei 2021   19:29 411
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sejumlah pengunjung berdesakan untuk masuk ke Blok A Pasar Tanag Abang, Jakarta Pusat, Minggu (2/5/2021).(KOMPAS.com/Tria Sutrisna)

"Libur Pak? Mau jalan-jalan nih?" sapa saya basa-basi kepada seorang tetangga pagi tadi.

"Iya nih, mau ke Tanah Abang, biasalah udah mau lebaran," jawabnya tanpa beban.

Saya mencoba tetap stay cool mendengar jawabannya, padahal dalam hati miris. Seketika itu juga pikiran saya tertuju pada berita padatnya kawasan grosir Tanah Abang di hari Sabtu, 1 Mei kemarin.

Dalam hati saya menyesalkan rencananya hendak ikut-ikutan menuh-menuhin Tanah Abang. Tapi nggak mungkin juga di depannya saya melemparkan pertanyaan seperti:

"Emang nggak takut corona Pak?" atau "Nggak belanja online aja Pak buat lebaran?".

Maka ketika setelahnya saya mendapati berita-berita tentang betapa padatnya pusat grosir Tanah Abang di hari Minggu, 2 Mei 2021, saya hanya bisa berharap orang-orang itu tidak saling menularkan virus dan tidak membawanya pulang ke rumah masing-masing.

Mungkin makin banyak orang yang bosan membahas soal pandemi virus corona. Ya kalau sampeyan termasuk yang sudah bosan dan jengah, silakan nggak perlu lanjutkan baca tulisan ini. Atau kalau perlu silakan tinggalkan rating "Tidak Menarik" di bawah ini, karena itulah rating paling jelek yang bisa diberikan oleh pembaca, mengingat tidak tersedia rating "Basi" atau "Membosankan".

Eniwei, untuk sekedar diketahui saja, bagi saya corona memang nyata. Dari tahun 2020 hingga detik ini, tidak ada jumlah kematian dan sakit yang diderita oleh kenalan dan kerabat saya sebanyak ini dibandingkan periode tahun-tahun sebelumnya. Itu sebagian besar karena andil virus corona.

Kembali ke Tanah Abang.

Momen weekend ini memang terasa pas sebagai waktu untuk sebagian masyarakat berbelanja kebutuhan lebaran. Tanggal muda habis gajian, ditambah sebagian orang sudah terima THR dari tempatnya bekerja.

Lalu kenapa harus Tanah Abang?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun