Mohon tunggu...
Widi Aditya039
Widi Aditya039 Mohon Tunggu... Manusia yang bermanfaat

Manusia yang bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Teknologi di Masa Pandemi sebagai Pengembangan Ekonomi

22 Januari 2021   15:27 Diperbarui: 22 Januari 2021   15:48 45 1 0 Mohon Tunggu...

Covid-19 merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit serius, seperti MERS dan SARS. Pandemi Covid-19 telah menyebar di seluruh dunia yang mana banyak negara terserang penyakit ini sampai menghadapi tingkat kematian dan kerugian ekonomi yang cukup tinggi. Pandemi Covid-19 menyebabkan peningkatan angka pengangguran. Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang signifikan terhadap perekonomian masyarakat banyak masyarakat yang mengeluh karena Covid-19.

Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini yang telah membawa dampak pada terbatasnya pergerakan manusia akibat social distancing dan physical distancing, menjadikan teknologi informasi memiliki peranan yang sangat penting, sekaligus sebagai solusi untuk mengatasi pembatasan tersebut, diantaranya dalam urusan pemerintahan, pendidikan, bisnis, ekonomi kesehatan bahkan urusan agama dan ibadah. Dengan diterapkannya teknologi informasi dapat memberikan efisiensi waktu dan biaya serta tenaga tanpa disadari bahwa kehidupan manusia saat ini telah memiliki ketergantungan terhadap teknologi informasi. 

Pemanfaatan teknologi informasi di tengah pandemi Covid-19, diantaranya adalah sebagai alat untuk memperluas penjualan dalam usaha yang kita jalankan dengan cara memasarkannya menggunakan media sosial.

Teknologi yang dimanfaatkan mendapatkan pengaruh besar kepada masyarakat, mereka yang pengangguran bisa mendapatkan pekerjaan. Media sosial mampu mempermudah aktivitas perekonomian masyarakat, barang yang akan dijual hanya di taruk ditempat yang sekiranya pemandangannya bagus, sebagai cara agar masyarakat yang melihat barang kita tertarik untuk dibeli. Kemudian di foto lalu di Posting di media sosial Seperti Facebook, WhatsApp, Instagram dan media sosial lainnya. Proses Pemasaran dan Transaksi penjualan  yang mereka lakukan adalah dengan cara berdiam dirumah. Berinteraksi dimedia tersebut antara penjual dan pembeli.

Kebutuhan kaum milenial, umumnya kebanyakan yang mencari di media sosial. Seperti baju, kerudung, alat hias, sepatu dan kebutuhan lainnya. Ada sebagian masyarakat yang menggunakan aplikasi untuk mencari penghasilan seperti V-Tube dan lain sebagainya. Hal ini menjadi peluang yang harus di manfaatkan agar kita mampu bertahan dan mendapatkan penghasilan meskipun pada  masa pandemi.

Manfaat Media sosial dalam perilaku ekonomi sebagai berikut: 

a). Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan seseorang melalui teknologi.

b). Mempermudah dalam mendapatkan informasi ekonomi. 

c). Mempermudah interaksi jarak jauh, dan mempermudah dalam melakukan interaksi antara penjual dan pembeli.

d). Mempermudah transaksi tunai melalui teknologi ekonomi.

VIDEO PILIHAN