Mohon tunggu...
Widadi Muslim
Widadi Muslim Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru yang energik, atraktif dan murah senyum. Motivator dan penulis buku kependidikan. Juara kedua kompetisi edukasi Anlene Hidup Penuh Makna. Saat ini mengampu mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 164 Jakarta Selatan.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

SMPN 164: PAS Bahasa Indonesia

1 Desember 2022   10:40 Diperbarui: 1 Desember 2022   10:42 172
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Peserta didik sedang mengerjakan PAS Bahasa Indonesia. (Foto: Dokumentasi Sekolah)

Kamis, 1 Desember 2022 berlangsung Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil di SMP Negeri 164, Kompleks

Kostrad Tanah Kusir,  Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Mulai pukul 06.20 WIB anak-anak sudah mulai memasuki gerbang pintu sekolah yang berada di sebelah selatan gedung. Pak Bambang (security), Bu Suziana (Wakil Kesiswaan), Bu Titi (Guru BK) dan beberapa guru piket berjejer menyambut kehadiran mereka. Para korlas juga tak mau ketinggalan selalu hadir di pagi hari secara bergantian  menyambut siswa.

Pukul 06.30 WIB bel tanda masuk untuk review materi dimulai. Anak anak berdoa kemudian mengikuti review menggunakan HP masing-masing. Para pengawas PAS sesekali membantu peserta PAS yang kesulitan mengakses link untuk review.

Pukul 07.00 WIB review berakhir. Pengawas PAS yang terdiri dari para guru meminta peserta didik memasukkan HP nya ke dalam tas. Tas tersebut kemudian ditaruh di bawah papan tulis. Di sisi kanan dan kiri meja guru. Pengawas kemudian membagi naskah soal kepada peserta PAS. 

Pak Guru Jono pagi ini kembali mengawas di ruang 13 lantai 3 yang terletak di tengah-tengah gedung sekolah. Peserta PAS ruang 13 terdiri dari 18 anak kelas 7G dan 20 anak 9G, sehingga semuanya berjumlah 38 anak.


Setelah semua anak mendapatkan naskah soal, mereka langsung mengerjakannya pada naskah soal tersebut. Sementara mengerjakan soal-soal, para pengawas ruang menulis berita acara. Poin-poin penting yang harus ditulis oleh pengawas ruang pada berita acara adalah: 1) menuliskan hari, tanggal, bulan, dan tahun. 2) menuliskan urutan ruangan dan waktu berlangsungnya PAS. 3) menuliskan kelas dan mata pelajaran. 4) menuliskan jumlah peserta secara keseluruhan. 5) menuliskan siswa yang tidak hadir. 6) menuliskan siswa yang hadir. 7) menuliskan nomor peserta. 8) menuliskan catatan  selama PAS berlangsung. 9) menuliskan nama, NIP dan tanda tangan. Sementara itu peserta PAS hanya menuliskan nama dan tanda tangan.

Dari pukul.07.00-08. 40 WIB peserta PAS mengerjakan pada naskah soal sedangkan pada pukul 08.40-09.00 WIB mereka memindahkannya ke Google Form (GF). Teknik ini diambil agar ketika anak- anak mengirimkan jawaban via GF tidak terkirim atau hilang, jawaban pada naskah soal bisa menjadi penggantinya. Dengan cara ini anak-anak tidak dirugikan.

Pada pukul.09.00 WIB bel tanda istirahat dibunyikan dari ruang guru.

"Mohon perhatian, waktu mengerjakan PAS sudah berakhir. Sekarang saatnya istirahat.  Semua anak wajib keluar dari ruang kelas/ ruang ujian. Silakan membawa bekal dan HP masing-masing, jangan ada yang tertinggal." Demikian informasi dari ruang guru melalui speaker yang menjangkau seluruh area sekolah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun