Mohon tunggu...
Widadi Muslim
Widadi Muslim Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru yang energik, atraktif dan murah senyum. Motivator dan penulis buku kependidikan. Juara kedua kompetisi edukasi Anlene Hidup Penuh Makna. Saat ini mengampu mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 164 Jakarta Selatan.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

The Power of Emak-Emak

1 November 2022   22:24 Diperbarui: 1 November 2022   22:43 230
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Suasana pelatihan yang dipadati emak-emak (Foto: Tim HR Academy)

Hari masih pagi. Rintik hujan mengiringi. Penulis memacu Honda Vario menuju Rumah Makan Jagarawa di Jl. KH Hasyim Ashari No.99, Cipondoh, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Banten.

Puluhan bahkan ratusan emak-emak sudah memenuhi tempat duduk yang disiapkan panitia di lantai 2. Inilah salah satu bukti "the power of emak-emak." Sebagian membawa produk, sebagiannya tanpa membawa produk. Penulis membawa produk sari tebu murni 12 botol.

Hari itu berlangsung pelatihan UMKM yang diselenggarakan oleh HR Academy. Satu demi satu pembicara menyampaikan materinya. Ba'da shalat dzuhur yang ditunggu-tunggu pun tiba. Siapa ya? Siapa lagi kalau bukan Mas Mentri Sandiaga Uno. Gegap gempita peserta pelatihan menyambut kehadiran beliau.

Dengan santai dan penuh canda beliau menyampaikan materinya hingga pada sesi tanya jawab. Rangkaian pelatihan berjalan tertib meskipun dihadiri lebih dari 300-an peserta. Diujung acara, peserta yang membawa produk diberikan kesempatan lebih dulu untuk berfoto dengan beliau dengan syarat membawa produknya.

Ada pun tema pelatihan yang diselenggarakan oleh komunitas PESAT (Pendampingan UMKM Sukses dan Melesat) tersebut adalah Strategi Digitalisasi Pemasaran Melalui Instagram, Whatsapp Bisnis,  Desain Canva yang Jitu Agar Usaha Maju. 

Materi yang disampaikan antara lain Meningkatkan penjualan dengan instagram. Whatsaap business. Pemanfaatan aplikasi canva dalam desain produk. Tokopedia-strategi tepat, jual cepat: Panduan jitu agar bisnis online laris manis. Bertindak sebagai ketua panitia, CEO HR Academy Srie Wulandari,  EPC,  S.IP, MBA

Ketika penulis turun dari lantai 2 menuju area foto dengan Mas Mentri sempat terjadi dialog.

"Bapak tadi yang bawa sari tebu murni ya?"

"Iya betul," jawabku.

"Wah, seger sekali dan terasa aroma tebunya, bagaimana membuatnya, Pak?"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun