Mohon tunggu...
Widadi Muslim
Widadi Muslim Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru yang energik, atraktif dan murah senyum. Motivator dan penulis buku kependidikan. Juara kedua kompetisi edukasi Anlene Hidup Penuh Makna. Saat ini mengampu mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 164 Jakarta Selatan.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Tips Sukses Ujian Sekolah

27 Oktober 2022   08:01 Diperbarui: 27 Oktober 2022   08:30 380
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Setiap kali memasuki masa-masa ujian sekolah kesibukan para murid, guru, dan orangtua murid semakin berlipat. Jauh-jauh hari, para guru sudah memberikan bekal sebelum ujian berupa rangkuman materi, pembahasan materi dan kisi-kisi soal. 

Berbagai aplikasi belajar yang membantu juga sudah diinformasikan. Do'a Bersama pun sudah dipanjatkan kepada Allah, Tuhan Yang Maha Esa. Namun masih ada beberapa anak yang nervous. Apalagi orangtuanya. Hehehe...

Sebenarnya terdapat beragam cara (tip's) yang dapat mereka lakukan agar bersikap tenang, fokus saat ujian. Apalagi mereka hidup di era digital seperti sekarang. 

Emangnya tip's  apa saja yang bisa dilakukan? 1). Belajar bersama teman sekelas atau seangkatan. 2). Belajar memakai aplikasi belajar. 3). Belajar rutin dan terjadwal. 4) Belajar jauh-jauh hari sebelum hari "H." 5). Cukup istirahat. 6). Persiapkan alat keperluan ujian. 7). Sarapan pagi. 8). Relaksasi.

Belajar bersama itu penting lho. Kita bisa curah gagasan, saling melengkapi. Belajar dengan aplikasi juga sangat membantu. Sekarang ini sudah ada puluhan aplikasi untuk belajar. Pilih yang cocok. Kalau bisa cari yang gratisan. Hehehe...

Belajarlah secara rutin dan terjadwal. Misalnya, pagi hari setelah shalat Subuh. Sore hari sepulang sekolah. Malam hari setelah shalat Isya' bagi yang beragama Islam. Yang non muslim bagaimana? Iya tinggal menyesuaikan saja. Begitu bukan!

Belajar jauh-jauh hari sebelum ujian juga penting. Hindari cara belajar kebut semalam. Dijamin pusing and  "mumet" saat ujian jika itu dilakukan. Lha otak kan juga pengin istirahat, Kalian juga harus cukup istirahat. Maksudnya, jangan begadang di malam hari saat paginya mau ujian. Nih sangat penting tuk anak-anak yang terbiasa tidur larut malam. Iya biar nggak ngantuk and panik pas tiba waktunya, gitu.

Nah tip's yang berikut ini nich tampaknya sepele tapi bisa bikin pusing tujuh keliling. Apaan tuh? Ketinggalan kartu peserta ujian. Jika itu yang kalian alami, wow  perut bisa tiba-tiba mules and pengin....(apa hayo?) Apalagi kalau pengawasnya galak, tanpa kompromi. Bisa berabe kite.

Sarapan pagi sangat penting agar tidak mengantuk saat mengerjakan soal ujian. Jika perut kenyang dan rasa haus hilang biasanya konsentrasi bisa lebih baik. Tapi jangan juga kekenyangan, justru mengantuk.

Minumnya juga jangan kebanyakan biar nggak keluar masuk toilet. Terus apa dong sarapannya? Iya cukuplah dengan setangkup roti dan segelas susu. Itu juga kalau ada. Kalau nggak? Nasi uduk and teh manis bolehlah. Syukur-syukur kalau pengawasnya dibawain. Hehe. Yang penting ada yang mengganjal perut. Jangan biarkan perut kita kosong melompong saat ujian. Harus ada ganjalnya.Tapi juga jangan pakai bantal. Hahaha. Kwek, kwek, kwek.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun