Mohon tunggu...
satria agungwicaksono
satria agungwicaksono Mohon Tunggu... Hidup Seperti Apapun itu Berharga

Ilmu tanpa amalan bagaikan pohon tak berbuah

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Perkembangan Teknologi di Era Covid-19

12 Agustus 2020   16:30 Diperbarui: 12 Agustus 2020   16:29 133 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perkembangan Teknologi di Era Covid-19
ismguide.com

Pandemi covid 19 membuat pola kehidupan berubah. Termasuk dalam  hal kebutuhan terhadap teknologi, selain semakin meningkat juga banyak menyebabkan kebutuhan akan internet semakin membludak.

ICT for Deplopment Resercher Daniel Oscar Baskoro mengatakan akibat adanya pandemi Covid 19, ada tiga hal yang akan berubah dan berdampak terhadap penggunaan teknologi.

“ pertama More Teknology, semenjak datangnya pandemi akan semakin banyak teknologi baru yang akan muncul yang akan dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menunjang keutuhan sehari hari mereka,”ujarnya dalam pressconference virtual innovasia, Kamis (18/6/2020).

Ia menyebut semenjak adanya covid-19 hampir semua kegiatan masyarakat dilakukan menggunakan teknologi.

“kedua adalah More Automation. Setelah pandemi muncul akan semakin banyak automasi baru yang muncul yang bergerak diberbagai macam industry”,

“ketiga adalah adanya Less Mobility atau borderless work, dengan memanfaatkan fasilitas digital yang ada.

Teknologi dan revolusi industry 4.0 telah berjalan dan akan terus tumbuh lebih cepat. COVID-19 telah memacu perkembangan itu menjadi lebih cepat, atau memang harus dipaksa dipercepat, itu dikarenakan selama pandemi COVID-19, teknologi telah hadir sebagai solusi dan memberikan efesiensi. Ekosistem The Next Normal  akan meningkatkan ketergantungan terhadap teknologi dan selaras dengan revolusi industry 4.0.

Hal ini memberikan perubahan yang besar, mulai hiburan digital, transaksi digital, bisnis berbasis digital, dan sekarang pembelajaran digital atau lebih dikenal dengan pembelajaran daring mulai digencarkan. 

Dimasa pandemi Covid-19 ini banyak masyarakat yang meninggalkan bertransaksi langsung antara penjual dan pembeli, antara guru dan murid, antara bos dan perkerja, dikarenakan pemerintah menganjurkan agar masyarakat tetap diam dirumah mulai mengerjakan semua dari rumah. 

Pengaruh teknologi yang begitu besar akan membentuk ulang perindustrian, cara kerja, menjadi pengalaman baru bagi masyarakat, dan memberikan pembelajaran baru bagi masyarakat dalam memanfaatkan teknologi.

ismguide.com
ismguide.com
Banyak pakar, penelitian, dan kajian memprediksi otomatisasi akan tumbuh lebih cepat selama pandemi sebagai akibat dari upaya meminimalisir interaksi antar manusia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN