Mohon tunggu...
Wiandy Putra
Wiandy Putra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Pamulang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sistem Pengendalian Manajemen pada Bisnis Clothing

30 November 2022   08:00 Diperbarui: 30 November 2022   08:06 212
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

SEBERAPA PENTINGNYA SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN DI SEBUAH PERUSAHAAN?

Pekerjaan manajemen sangatlah kompleks, jika mereka tidak dalam posisi untuk memantau dan mengkoordinasikan seluruh perusahaan secara efektif hal ini akan berdampak negatif bagi perusahaan. Untuk alasan ini, manajemen senior menetapkan rencana dan kebijakan untuk mencapai tujuan perusahaan. Perencanaan yang tepat dan kebijakan yang diterap kan secara langsung dapat mencapai efisiensi dan efektivitas kerja, sehingga memungkinkan perusahaan bersaing dengan perusahaan sejenis lainnya.  

Sistem ini lebih bersifat menyeluruh dan terpadu, artinya lebih fokus dalam berbagai upaya yang dilakukan oleh pihak manajemen agar tujuan perusahaan bisa tercapai. Jadi, sistem pengendalian manajemen ini bisa diterapkan pada berbagai skala perusahaan, karena pada dasarnya setiap perusahaan tentu memiliki komponen yang sama.

ELEMEN-ELEMEN DAN TUJUAN PENGENDALIAN MANAJEMEN 

Elemen-elemen dalam pengendalian manajemen adalah:

  • Pelacak (detector), suatu perangkat yang mengukur suatu hal yang sesungguhnya terjadi dalam proses yang sedang dikendalikan.
  • Penilai (assessor), suatu perangkat untuk menentukan signifikasi dari peristiwa aktual dengan membandingkan peristiwa aktual dengan standar atau harapan tertentu tentang apa yang seharusnya terjadi.
  • Effector suatu perangkat (umpan balik) yang mengubah perilaku jika assessor menunjukkan bahwa perilaku tersebut perlu diubah.
  • Jaringan komunikasi, perangkat yang meneruskan informasi antara detector, assessor dan effector.

Tujuan dari adanya pengendalian manajemen adalah:

  • Keandalan dan kelengkapan informasi yang diperoleh manajemen
  • Mematuhi kebijakan, rencana, prosedur, aturan dan ketentuan yang berlaku.
  • Melindungi aset perusahaan.
  • Efisiensi waktu dan biaya.

IMPLEMENTASI SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN PADA BISNIS CLOTHING “DESTRO CENTER”

Destro Center merupakan sebuah usaha yang bergerak dalam jual beli baju. Dalam kegiatan operasionalnya, Destro Center ini menjual berbagai baju mulai dari baju yang didesain oleh tim Destro Center sendiri maupun Desain yang diinginkan oleh Pembeli dalam bentuk PO.

Sistem pengendalian manajemen di Destro Center dapat dikatakan Kurang Baik. Hal ini dapat dilihat dari penerapan unsur pengendalian manajemen seperti pusat pertanggung jawaban, struktur organisasi adanya tumpang tindih satu sama lain dikarenakan satu orang memegang lebih dari satu pekerjaan dari struktur organiasi yang seharusnya di tempat usaha tersebut. Seperti Bagian Keuangan, Kasir, dan Akuntansi dipegang hanya oleh satu orang saja. Bagian gudang dan pelayanan juga dikerjakan oleh satu orang yang sama. Hal itu yang menyebabkan kurang baiknya sistem pengendalian manajemen di perusahaan tersebut.

Struktur organisasi adalah komponen utama dalam struktur sistem pengendalian manajemen struktur organisasi merupakan sarana untuk mendistribusikan kekuasaan yang diperlukan dalam memanfaatkan berbagai sumber daya organisasi untuk mewujudkan tujuan organsasi. Pada waktu organisasi menghadapi lingkungan stabil dan kompetisi tidak begitu tajam, kekuasaan dalam organisasi terpusat ditangan manajemen puncak, dan delegasi wewenang kepada manajemen tingkat bawah dilaksanakan secara terbatas.

Oleh karena itu, pentingnya pengendalian manajemen dalam implementasinya terkait tugas dan wewenang jabatannya agar tidak terjadinya tumpang tindih jabatan dan tugas dan untuk menghindari bentuk kecurangan yang terdapat dalam organisasi tersebut. Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan rekrutmen karyawan baru untuk mengisi jabatan karyawan lain yang memiliki lebih dari satu jabatan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun