Mohon tunggu...
Franky Whoislikegod
Franky Whoislikegod Mohon Tunggu... -

dua hal yang menarik perhatianku: INDAH dan ANEH.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Xiaomi, Harganya di Indonesia

27 September 2014   00:45 Diperbarui: 17 Juni 2015   23:21 412
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Setelah tulisan saya yang pertama tentang Xiaomi di sini, Xiaomi menjawab dengan meluncurkan smartphone di tanah air ini, Redmi 1S. Cukup memuaskan karena harganya bersaing dengan negara lain. MURAH!!! Namun saya dikejutkan ketika beberapa produk lainnya dimunculkan lewat https://www.facebook.com/XiaomiIndonesia/photos/a.277869959082580.1073741828.123539107849000/299298586939717/?type=1&theater

Apa yang membuat saya kaget? Dikarenakan adanya perbedaan harga yang lumayan ditinjau dari sisi prosentasenya. Cukup tingginya. Berikut saya copas gambar yang sudah saya sisipi harga dari berbagai negara.

Dari data yang saya dapat di website resmi Xiaomi maka saya membandingkan harga diberbagai negara sehingga saya dapatkan hal seperti di bawah ini:

14117250541785256455
14117250541785256455
Namun ketika saya mengumpulkan data yang lebih banyak lagi maka pembaca bisa menilai sendiri. Di beberapa negara untuk produk Powerbank terdapat beda yang sangat tinggi dan untuk produk earphone terdapat beda harga seperti gambar di atas.

Pertanyaan-pertanyaan

Strategi apa yang ditetapkan Xiaomi untuk menjual produknya? Mengapa untuk Redmi 1S dibandrol harga yang relatif sama untuk beberapa negara tapi untuk aksesorisnya dibandrol harga yang naik turun? Mencermati sistem harga yang diterapkan Xiaomi memang menarik. Menimbulkan beberapa pertanyaan karena produsen ini memang unik. Xiaomi sengaja memangkas biaya sehingga harga jualnya rendah. Biaya iklan dipangkas dan dengan media sosial Xiaomi memperkenalkannya. Teknik flash sale yang digunakannya juga sanggup menjadi buah bibir. Tengok hasil penjualannya di India. Ludes hanya dalam hitungan detik.

Pertanyaan yang lain adalah mengapa di Indonesia MI3 belum dipasarkan? Jawaban cepatnya adalah bertahap. Tapi coba Anda klik http://www.postel.go.id/sertifikasi/index.php?0601=&key=2&cari=xiaomi  Anda akan mendapati proses sertifikasi Xiaomi yang diajukan.

14117274721620242918
14117274721620242918
Coba perhatikan baik-baik tanggal pengajuan MI3W yaitu 26 Feb 2014 dengan status SERTIFIKAT DICETAK untuk TRIKOMSEL OKE TBK, PT. Coba perhatikan produk lain seperti Xiaomi - MI 2SC dan Xiaomi - HM 1W dengan status SP3, BALAI UJI. Yang manakah yang mewakili Redmi 1S? Pertanyaan berikut adalah jika Redmi 1S diwakili oleh kode HM 1W yg mana statusnya masih SP3, BALAI UJI mengapa sudah terjual? Dimanakah MI3 yang sudah dinanti oleh calon pembeli? Sudahkah stoknya tersedia di Indonesia? Dan... akankah harganya semurah MI3 di negara lain mengingat aksesorisnya harganya beda?

Pertanyaan terakhir adalah apakah smartphone lainnya dijual dengan harga yang sama seperti negara-negara lain?

Seperti saya katakan di atas, Xiaomi meninggalkan beberapa pertanyaan dari fansnya yang menunggu kehadirannya...

Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun