Mohon tunggu...
Arief Hermanto
Arief Hermanto Mohon Tunggu... Travel Enthusiast

Merangkum cerita perjalanan lewat foto dan videografi. Suatu hari akan menginjakkan kaki di 5 benua.

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Jatuh Hati di Situgunung, Sukabumi

19 Oktober 2018   14:52 Diperbarui: 19 Oktober 2018   15:15 0 2 0 Mohon Tunggu...
Jatuh Hati di Situgunung, Sukabumi
Bermain dengan segarnya air Curug Sawer, Situgunung Sukabumi. Foto : @elsafaradilaa


Taman Wisata Alam Situgunung Sukabumi belakangan ini menjelma menjadi tujuan liburan yang menyenangkan. Lokasi yang tidak terlalu jauh dari Jakarta, serta banyaknya obyek wisata alam yang bisa dikunjungi. Menjadikan Taman Wisata Situgunung Sukabumi menjadi pilihan yang tepat untuk berpetualang di akhir pekan.

Sebut saja Curug Sawer, Danau Situgunung, dan yang terbaru adalah Sukabumi Suspension Bridge merupakan deretan nama yang menjadi tujuan utama wisata di Situgunung. Lokasi kawasan wisata alam Situgunung tidak terlalu jauh dari pusat kota. Jika kamu dari Jakarta bisa menggunakan rute berikut,

Naik KRL menuju stasiun Bogor.

Stasiun Bogor | Foto : @taufik_mft99
Stasiun Bogor | Foto : @taufik_mft99
Berangkat dari stasiun KRL mana saja di Jakarta menuju stasiun KRL akhir di Bogor. Selain untuk menghindari macetnya jalan raya, KRL menjadi pilihan yang murah untuk menuju kota Bogor. Asal pilih waktu yang tepat untuk menghindari padatnya penumpang KRL. Anak KRL pasti sudah hafal betul jadwalnya.

Dari stasiun Bogor langsung menuju stasiun Paledang.

Tiba di stasiun Bogor, segera bergegas menuju stasiun Paledang. Letak stasiun Paledang tidak terlalu jauh dari Stasiun Bogor. Dari pintu keluar stasiun Bogor, naik JPO (Jembatan Penyeberangan Orang) menuju arah stasiun Paledang . Jalan kaki tidak sampai 5 menit kamu sudah berada di depan Stasiun Paledang.

Stasiun Paledang tergolong stasiun kecil dan masih menjadi bagian dari stasiun Bogor. Bangunannya yang seumprit dan tersembunyi di balik kompleks pertokoan. Di depan stasiun Paledang juga tersedia banyak warung. Jadi tenang, apabila waktu menunggu kereta datang masih lama. Kamu bisa jajan-jajan dulu disana. Soto mie nya sedap banget lho.

Jangan lupa ya pesan tiket kereta stasiun Paledang (PLG) ke stasiun Cisaat (CSA) jauh-jauh hari. Karena sering habis apabila pesannya mepet. Apalagi jika bersamaan dengan akhir pekan. Harga tiket kereta Pangrango ke Sukabumi adalah Rp. 35.000,- untuk kelas ekonomi, dan Rp. 80.000,- untuk kelas eksekutif.

Naik kereta Pangrango kemudian turun di stasiun Cisaat

Jangan lupa turun di stasiun Cisaat, satu stasiun sebelum stasiun terkahir Sukabumi. Mau tau kemana kita akan pergi? Tunggu Cisaat lagi... / @elsafaradilaa
Jangan lupa turun di stasiun Cisaat, satu stasiun sebelum stasiun terkahir Sukabumi. Mau tau kemana kita akan pergi? Tunggu Cisaat lagi... / @elsafaradilaa
Besar kemungkinan kamu tidak akan salah kereta sih, karena stasiun Paledang hanya melayani rute ke Sukabumi menggunakan kereta Pangrango. Dalam satu hari ada 3 jadwal pemberangkatan Paledang -- Sukabumi PP, yaitu pukul 07.50, 13.10, dan 18.30.

Dari stasiun Cisaat bisa lanjut menuju gerbang Taman Wisata Alam Situgunung menggunakan moda transportasi angkot dengan tarif 15.000 per orang, atau menggunakan jasa taksi online sekitar 50,000 per trip.

Taman Wisata Alam Situgunung masih merupakan bagian dari Taman Nasional Gede Pangrango. Untuk masuk kawasan ini kamu perlu membayar tiket yang harganya bervariasi, tergantung dari hari dan jenis kegiatan. Berikut rinciannya,

  • Harga Tiket Wisata Taman Nasional Situgunung Rp. 16.000,-/orang per hari untuk weekdays, dan Rp. 18.500,- untuk weekend. Mencakup fasilitas seperti karcis masuk, asuransi, jasa wisata Curug Sawer dan Danau Situgunung.
  • Sedangkan untuk yang berkemah atau camping, dikenakan biaya sebesar Rp. 24.000,- untuk 2 hari 1 malam pada weekdays, dan Rp. 29.000,- pada weekend. Juga mencakup fasilitas karcis masuk, asuransi, jasa wisata Curug Sawer dan Danau Situgunung.
  • Tiket untuk melintasi Suspension Bridge juga terpisah seharga Rp. 50.000,-/orang.
  • Parkir motor Rp. 5.000,- dan parkir mobil Rp. 10.000,-

Harga tiket yang bisa dibilang sangat terjangkau untuk menikmati segarnya udara dan asrinya alam di Kawasan Taman Wisata Situgunung Sukabumi. Sudah tidak sabar ingin ke Situgunung Sukabumi? coba intip dulu apa saja yang bisa kalian temukan di sana.

Camping Ground

sukabumi-camping-ground-curug-sawer-eskapisme-5bc9898a12ae9434e672f497.jpg
sukabumi-camping-ground-curug-sawer-eskapisme-5bc9898a12ae9434e672f497.jpg
Bagi yang gemar berkemah atau camping di akhir pekan, Situgunung Sukabumi merupakan salah satu pilihan yang tepat. Tersedia beberapa spot camping seperti Bungbuay, Bagedor dan Kaliandra. Nilai tambah camping di Situgunung adalah, adanya akses ke beberapa tempat wisata alam. Jadi camping kita ga garing-garing amat lah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x