Mohon tunggu...
Billy Bachtiar
Billy Bachtiar Mohon Tunggu...

NusaTalent.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Daya Tahan Tubuh

29 November 2012   09:19 Diperbarui: 28 Mei 2018   14:19 0 0 0 Mohon Tunggu...

Dalam hidup kita hal yang paling diutamakan adalah mementingkan kesehatan dan menjaga daya tahan tubuh kita. Menjaga daya tahan tubuh sangatlah penting, karena semua aktivitas atau kegiatan yang kita lakukan pastinya memerlukan energi dah kesehatan tubuh. Ada banyak cara memang untuk meningkatkan daya tahan tubuh, namun semua belum tentu benar dan menjadikan daya tahan tubuh anda meningkat, bisa saja malah menjadi menurun sehingga anda sangat mudah terserang penyakit.


Dengan meningkatkan daya tahan tubuh, kamu pastinya akan menjadi lebih fit dan lebih segar dalam menjalani pekerjaan mu sehari hari dan ujung nya berimbang positif bagi perjalanan karir yang kamu miliki. Dan lalu, kamu bisa mulai mencari pekerjaan idaman mu melalui berbagai blog rekrutmen dan juga lowongan fresh graduate yang tersebar di berbagai job platform di Indonesia. 


Berikut ini ada beberapa cara yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh:

- Cobalah untuk mengoptimalkan asupan vitamin D untuk tubuh anda

Ada sebuah riset mengatakan bahwa Vitamin D sangatlah dibutuhkan oleh tubuh guna memproduksi protein antimikroba yang sangast diperlukan oleh sel-sel imun untuk menghadapi infeksi. Kurangnya Vitamin D didalam daraj juga sangat berhubungan dengan alat pernapasan. Bagi orang dewasa untuk mencapai titik yang maksimal maka harus mengkonsumsi sekitar 2000 IU per harinya.

- Mengkonsumsi buah elderberry juga berguna utuk membantu melawan virus

Buah ini sangat berguna untu menyembuhkan sakit flu dan juga demam. Buah ini sudah dipercaya dari dahulu dan sampai saat ini, buah ini juga banyak digunakan di Israel yang berguna untuk mengurangi flu.

- Bernafas lebih dalam

Cobalah cara ini yang membuat otot dada dan otot antara tulang rusuk mudah untuk mengeluarkan udara sebanyak-banyaknya pada saat kita sedang membuang nafas. Maka dengan cara ini kita akan menghirup udara lebih banyak, pertukaran nafas akan lebih optimal dan membuat sistem penyembuhan lebih spontan didalam tubuh.

- Hidup Sehat

Hidup sehat sangat berkaitan dengan gaya hidup anda, anda harus mencoba melakukan usaha seperti beristirahat yang cukup, makan dan minum secara teratur, mengatur diri dari stres dan juga berolahraga.

 

Cobalah untuk tidur selama lebih dari 6 sampai 9 jam seharinya. Anda juga bisa mencoba untuk mengkonsumsi buah-buahan juga sayuran setiap harinya. Berolahraga juga bisa anda lakukan dengan berjaalan kaki selama 30 sampai 45 menit. Manfaat olahraga juga bisa sangat dirasakan dalam tubuh, dan mengapa olahraga sangat penting untuk tubuh ? . Karena olahraga yang dilakukan secara rutin setiap hari atau setiap minggunya bisa meningkatkan hormon yang memiliki peranan penting dalam tubuh contoh hormonnya Serotonin, endorfin dan juga adrenalin yang sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Olahraga juga berguna untuk meningkatkan kemampuan berfikir, hal ini dikarenakan darah akan mengalir dari seluruh tubuh ke otak. Dengan berolahraga maka hormon yang ada didalam tubuh akan aktif sehingga cara berfikir kita akan menjadi lebih lancar. Olahraga yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah berlari atau berjalan kurang lebih selama 30-45 menit setiap harinya. Dengan berolahraga juga anda bisa membentuk tubuh agar ideal, menurut pakar kesehatan berolahraga lari atau jalan bisa membakar lemak yang ada disemua tubuh kita sekaligus membuat postur tubuh menjadi ideal.

baca juga: Pengertian dan Definisi Magang

Menurut pakar kesehatan berjalan merupakan salah satu latihan yang paling populer tentunya harus memastikan berjalan dengan kecepatan yang stabil, cobalah untuk meningkatkan kecepatan jalan karena bisa membantu dan meningkatkan intensitas latihan serta membakar kalori lebih cepat.

Selain itu semua, mengkonsumsi supplemen juga sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh agar selalu prima,  salah satu suplemen yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh adalah Imboost yang mengandung Echinacea yang bersumber dari tanaman herbal serta mengandung beberapa bagian tumbuhan seperti daun, bunga dan juga akarnya.

Komposisi 1. Tiap tablet Imboost mengandung Echinacea 250 mg dan Zn picolinate 10 mg.2. Tiap 5 mL sirup Imboost mengandung Echinacea 250 mg dan Zn picolinate 5 mg.3. Tiap kaplet Imboost Force mengandung Echinacea purpurea 250 mg, black elderberry extr 400 mg, dan Zn picolinate 10 mg.4. Tiap 5 mL sirup Imboost Force mengandung Echinacea purpurea 250 mg, black elderberry extr 400 mg, dan Zn picolinate 5 mg.5. Tiap tablet Effervescent Imboost 1000 mengandung Echinacea purpurea 1,000 mg dan Zn picolinate 10 mg.6. Tiap tablet Effervescent Imboost C 1500 mengandung Echinacea 1,000 mg dan vit C 500 mg

Indikasi dari imboost dapat digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh guna melawan berbagai penyakit seperti infeksi akut, kronis, atau infeksi kambuhan dari saluran pencernaan juga infeksi (organ intim) seperti Kandidiasis & Vaginitis.

Kontraindikasi1. Pasien multiple sclerosis2. Pasien collagen disease3. Pasien leucosis4. Pasien TBC5. Pasien AIDS6. Pasien fenilketonuria7. Wanita hamil Dosis 1. Imboost tablet Dewasa 1 tab 2-3 kali sehari 2. Imboost syrup a. Dewasa dan anak >6 tahun 1 sdt 2-3 kali sehari b. Anak 2-6 tahun 1 sdt 1-2 kali sehari c. Anak <2 tahun ½ sdt 1-2 kali sehari 3. Imboost Force kaplet 1 kaplet 3 kali sehari 4. Imboost Force syrup a. >6 tahun 1 sdt 3 kali sehari b. <6 tahun ½-1 sdt 3 kali sehari 5. Imboost 1000 tablet Effervescent 1 tablet 2-3 kali sehari 6. Imboost C 1500 tablet Effervescent 1-2 tablet sehari Kemasan 1. Imboost film-coated tablet Imboost 5 stripx6 tablet 2. Imboost syrup a. Imboost 60 mL b. Imboost 120 mL 3. Imboost Force film-coated kaplet Imboost Force 3 stripx10 kaplet 4. Imboost Force syrup a. Imboost Force 60 mL b. Imboost Force 120 mL 5. Imboost 1000 tablet effervescent Imboost 1000 Effervescent 1 stripx10 tablet 6. Imboost C 1500 tablet efferverscent Imboost C 1500 Effervescent 1 stripx10 tablet Sumber: Medicinenet dan dari berbagai sumber


Buah-buahan juga memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh kita.

1. Aplukat, Buah ini sangat banyak untuk ditemui di Indonesia dan buah ini sangat bagus untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan mengurangi terkena penyakit jantung serta bisa menangkal radikal bebas yang bisa menurunkan daya tahan tubuh kita.

2. Apel,buah yang kaya akan serat ini sangat baik digunakan untuk melawan kolesterol jahat LDL yang biusa menyumbat di pembuluh darah. Apel juga bisa digunakan sebagi detoksifikasi terhadap  racun juga melancarkan peredaran zat gizi kedalam tubuh.

3. Jambu Biji, buah yang satu ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi jika dibandingkan  dengan buah lainnya. Jambu biji juga bisa berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh karena kandungan vitamin C nya  yang sangat tinggi.

4. Melon, buah yang satu ini sangat kaya akan vitamin A,B2,B1,dan C yang mengandung betakaroten. Kandungan kalium , magenesium dan air yang ada dalam melon sangat baik untuk membersihkan sistem sirkulasi darah dari berbagai racun. Melon juga bisa berguna sebagai antioksidan yang bisa meningkatkan daya tahann tubuh.


Peran makanan juga sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita, secara umumnya kita melihat makanan hanya dari sisi keenakannya saja dan tidak mementingkan apakah makanan itu sangat baik untuk tubuh kita atau mala bisa menurunkan daya tahan tubuh kita. Berikut ini ada beberapa jenis makanan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh kita :

1. Bawang putih

Bahan dapur yang biasa digunakan untuk masakan ini ternyata sangat bisa untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita karena bawang putih mengandung antifungal  (anti jamur) dan antiseptic jika dikonsumsi mentah maka bisa memberikan perlindungan terhadap demam, batuk dan infeksi dada.

2. Ikan.

Jenis ikan salmon, tuna juga mackerel yang sangat kaya akan omega 3 merupakan sumber nutrisi yang sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Gandum

Cobalah untuk mengkonsumsi nasi merah, oat meal, atau produk yang berbau gandum, karena jika dikonsumsi secara rutin maka bisa men urunkan kadar lemak anda sekaligus bisa meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Maka mulai saat ini cobalah untuk melakukan hal diatas dan lebih baik mencegah dari pada mengobati, semoga hal diatas bisa membantu anda untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x