Mohon tunggu...
Anwar
Anwar Mohon Tunggu... Security - Seorang yang tidak akan pernah menyerah untuk terus menulis

Walau tak pandai menulis namun ingin tetap mencoba berkarya. http://www.catinfoku.blogspot.co.id

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Bukan Aku dan Dia

14 Maret 2018   00:36 Diperbarui: 14 Maret 2018   00:36 443
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Sedih.... Mungkin itulah kata yang paling tepat untuk menggambarkan bagaimana bentuk perasaanku saat itu.  Aku tak tahu, dengan cara bagaimana aku harus mengungkapkan rasa hatku ini ketika ia benar-benar pergi meninggalkanku. Namun aku tetap harus merelakan ia pergi karena ia harus memiliki masa depan yang lebih baik ketimbang ia harus memilih aku sebagai pendamping hidupnya nanti. Dan kenyataannya, ia memang pergi dari kehidupanku.

                                                                                *******

Gemercik air sungai yang mengalir mengikuti arus menuju muara terdengar begitu merdu ditelinga. Semilir angin bertiup lembut menerpa dedaunan kering yang telah rapuh. Helai demi helai daun-daun kering terbang melayang terlepas dari rantingnya dan jatuh dengan lembut ke tanah.  Sinar mentari bersinar tidak segarang biasanya. Ia nampak sedikit redup seolah enggan untuk menampakan gairahnya. 

Hanya sebagian kupu-kupu yang berterbangan yang seolah tak acuh dengan suasana sekitar. Mereka terlihat tetap ceria dengan kepakan sayapnya yang gemulai. Seekor kupu-kupu hinggap diatas bunga candytuft liar dan dua ekor lainnya mengikuti jejak temannya.

Entah berapa lama aku duduk di sana dan tanpa sadar aku terus menerus memperhatikan kupu-kupu itu.  "Kamu nampak indah ketika menjalani kehidupan sebagai kupu-kupu, tapi aku tak tahu bagaimana tampangmu ketika menjalani kehidupan sebagai ulat" Batinku menggumam. Lalu aku teringat akan diriku yang sedang asyik duduk berdua dengan Mirna, kekasihku. Sekarang, aku duduk sendiri tanpa ada kekasihku. Dengan hadirnya Mirna disisiku, kehidupanku selalu merasa ceria. Tapi kini...akupun tak tahu tampangku seperti apa tatkala aku duduk sendiri.

Oh, Mirna... seandainya kau masih disini, duduk disampingku ini, merasakan suasana saat ini seperti setahun yang lalu, mungkin aku tidak merasa kesepian.  Masih sangat jelas dalam ingatanku, saat kau bersandar dipundakku, kau bercerita tentang sekolahmu, tentang gurumu, tentang teman-temanmu. Aku dengan sangat senang mendengarkan celotehanmu. Aku ingin menunjukkan padamu, betapa aku sangat memperhatikanmu. Aku begitu senang mendengarkan nyanyian kecilmu yang seolah berbisik padaku, sampai akhirnya kau mengatakan suatu hal yang bagiku sangat mengejutkan.

"Mas, kita kawin lari, yo...!!!  Ajak Mirna disuatu hari. Aku terkejut dan seolah tak percaya akan pendengaranku sendiri.

"Maksud kamu ?" Tanyaku.

"Kedua orang tuaku tak setuju dengan hubungan kita, mas tapi aku gak peduli, aku ingin tetap menikah denganmu, makanya aku mengajakmu untuk kawin lari saja." Jelasnya dengan wajah mulai murung.

"Tidak... Aku tidak setuju dengan caramu itu, Mirna." Ucapku menolak ajakannya.

"Lalu bagaimana ? Aku tak ingin pisah denganmu, mas.." Desaknya pula. "Dan aku tak mau menikah dengan laki-laki pilihan orang tuaku." Lanjutnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun