Mohon tunggu...
wewin widiansyahrani
wewin widiansyahrani Mohon Tunggu... Guru - menulis adalah caraku mengekspresikan berbagai perasaan

Just little girl with a big dream

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Panduan Google Classroom untuk Guru

20 Juli 2021   13:00 Diperbarui: 20 Juli 2021   14:43 890 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

A. Google Classroom

Google Kelas adalah layanan web gratis, yang dikembangkan oleh Google untuk sekolah, yang bertujuan untuk menyederhanakan membuat, mendistribusikan, dan menilai tugas tanpa harus bertatap muka. Tujuan utama Google Classroom adalah untuk merampingkan proses berbagi file antara guru dan siswa.

B. Tutorial Google Classroom

  1. Buka browser kemudian ketik google classroom pada komputer desktop bapak/ibu maka mesin pencari akan mengarahkan pada site google classroom Kemudian klik buka classroom.
    dokpri
    dokpri
  2. Kemudian akan muncul halaman login google classroom. Masukan alamat email contoh, wewinwidiansahrani20@gmail.com kemudian klik berikutnya masukan password  email bapak/ibu.
    dokpri
    dokpri
  3. Kemudian akan muncul jendela seperti digambar, klik pada kolom persetujuan dan klik lanjutkan. 

    dokpri
    dokpri
  4. Tampilan awal, klik icon (+) pada pojok kanan atas kemudian akan muncul tab seperti pada gambar, bapak/ibu klik buat kelas.

    dokpri
    dokpri
  5. Setelah itu, akan muncul jendela seperti disamping, bapak/ibu sesuaikan dengan kelas yang akan dibuat. Contohnya, pada bagian nama kelas saya mencatumkan kelas VI dan mata pelajarannya, sedangkan pada kolom bagian saya mencantumkan jam mata pelajaran tersebut untuk kolom selanjutnya boleh sesuai intruksi.

    dokpri
    dokpri
  6. Tampilan awal Google Classroom

    dokpri
    dokpri
  7. Membuat pengumaman, pada tampilan awal google classroom terdapat fitur untuk membuat pegumuman. Fitur ini digunakan untuk memberikan informasi kepada siswa.  Contohnya seperti gambar disamping, bapak/ibu dapat menambahkan lampiran berupa materi, gambar,  video ataupun link yang berkaitan dengan pembelajaran.

    dokpri
    dokpri
  8. Membuat tugas, fitur ini digunakan untuk membuat tugas bagi siswa. Guru dapat membuat tugas, tugas kuis, pertanyaan dan  materi.

    dokpri
    dokpri
  9. Fitur tugas, pada fitur ini digunakan untuk membuat tugas bagi siswa,  guru dapat mengatur waktu pengumpulan kepada siswa dalam mengupload tugas.

    Dokpri
    Dokpri

  10. Fitur tugas kuis, pada fitur tugas kuis ini akan langsung terintegrasi dengan google form. Guru juga dapat mengatur waktu pengumpulan kepada siswa dalam mengupload tugas.

    dokpri
    dokpri

  11. HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
    Lihat Edukasi Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
    VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan