Mohon tunggu...
wety yuningsih
wety yuningsih Mohon Tunggu... Guru - Guru Biologi SMAN 1 Cililin suka berbagi, Guru Youtuber, Guru Blogger ....

Guru Youtuber, Guru Blogger

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Aksi Nyata PMM: Strategi Penerapan Merdeka Mengajar Biologi SMA

19 Maret 2023   10:48 Diperbarui: 19 Maret 2023   10:56 3362
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
foto bersama dengan peserta didik. dokpri

Merdeka belajar adalah salah satu upaya untuk memerdekan dalam  berpikir dan berekspresi. Tujuan program merdeka belajar adalah untuk memerdekan murid dan guru, sesuai dengan semangat Ki Hajar Dewantara untuk memerdekan manusia dalam hal pendidikan.

Berikut adalah aksi nyata saya dalam mempelajari Program Pelatihan Mandiri Merdeka Mengajar Topik 1 yaitu Merdeka Belajar. Pada Modul Merdeka Belajar saya mempelajari tentang 

  1. Mengenali dan memahami diri sebagai pendidik
  2. Mendidik dan mengajar
  3. Mendampingi murid dengan utuh dan menyeluruh
  4. Mendidik dan melatih kecerdasan budi pekerti
  5. Pendidikan yang mengantarkan keselamatan dan kebahagiaan

Sebagai guru saya sangat menggunakan 3 semboyan Ki Hajar Dewantara. 

a. Ing ngarsa sung tuladha , saya memberikan pembelajaran sesuai dengan karakteristik murid-murid saya. Untuk itu saya harus menguasai konsep pembelajaran untuk membuat konten pelajaran yang menarik dan mengasikkan buat murid-murid saya, intinya saya akan membuat mereka jatuh cinta kepada konten dan otomatis akan memahami konsep yang saya ajarkan. Dengan tentunya memberikan keteladanan bagi murid-murid saya. Bagaimana cara membuat laporan yang baik, bagaimana cara bersikap di dalam pembelajaran.

b. Ing madya mangun karsa, saya sering memberikan motivasi dan inspirasi. Pada awal mengajar saya selalu bertanya, apa cita-cita murid saya, bagaimana mencapainya, supaya mereka semangat dan termotivasi untuk mewujudkannya. Salah satu inspirasi yang saya lakukan adalah menjadi seorang guru Youtuber, sehingga saya bisa membagikan pengalaman saya di dunia konten kreator, salah satu profesi yang sedang diminati banyak kalangan muda.

c. Tut wuri handayani, saya selalu memberikan tugas dalam bentuk tantangan, misal: membuat catatan yang super keren supaya mendapatkan nilai sempurna dan tidak perlu remidi bila nilai dibawah KKM. Dengan tantangan seperti itu murid-murid saya saling berlomba untuk mendapatkan nilai terbaik. Catatan mereka saya sebut sebagai bukti cinta.

Selain semboyan Ki Hajar Dewantara, semangat Ki hajar Dewantara tentang Pendidikan, yaitu Pendidikan yang sesuai dengan kodrat alam dan jaman. Pendidikan sesuai kodrat alam, artinya setiap peserta didik unik, tidak sama, mempunyai bakat dan minat yang berbeda, maka saya melaksanakan pembelajaran diferensiasi, dimana peserta didik dapat mengikuti pembelajaran sesuai dengan minat dan bakatnya. Pendidikan sesuai kodrat jaman, artinya saya sebagai Guru yang mengajar generasi Z yang mempunyai ketertarikan dengan digitalisasi, maka saya mengadakan pembelajaran menggunakan digitalisasi. 

Rencana Penerapan Strategi Merdeka Belajar 

Rencana Penerapan Strategi Merdeka Belajar pelajaran Biologi

  1. Membuat video pembelajaran lengkap kelas 10,11 dan 12 yang di upload ke Youtube sehingga dapat dipelajari oleh semua peserta didik di sekolah, atau di seluruh Indonesia, disebarluaskan melalui Guru-Guru Biologi seluruh Indonesia.
  2. Membuat metode pembelajaran yang menyenangkan dan berbeda di setiap pertemuan Pembelajaran Biologi.
  3. Meminta peserta didik untuk membuat catatan digital, menggunakan aplikasi canva atau yang lainnya
  4. Meminta peserta didik untuk berdiskusi berkelompok di setiap pembelajaran dengan metode presentasi yang berbeda-beda
  5. Meminta peserta didik mengumpulkan laporan praktikum dalam bentuk video yang di upload di chanel Youtube peserta didik.
  6. Mengadakan pembelajaran diferensiasi sehingga pembelajaran di sesuaikan dengan minat dan bakat peserta didik
  7. Selalu mengadakan refleksi setelah pembelajaran berlangsung.
  8. Mengadakan pembelajaran dengan aplikasi padlet (digitalisasi)

Kendala yang Mungkin dihadapi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun