Mohon tunggu...
Wenti Indrianita
Wenti Indrianita Mohon Tunggu... Penulis - A mother of four daughter.

Tertarik pada opini dan review seputar motherhood dan psikologi. Silakan berkunjung juga ke reviewindri.com

Selanjutnya

Tutup

Parenting Pilihan

Pentingnya Safety Procedure agar Anak Terhindar dari Predator seksual

17 Agustus 2023   15:50 Diperbarui: 17 Agustus 2023   18:38 108
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
 Sumber gambar : https://themamabeareffect.org/

Di tengah kemeriahan perayaan Hari kemerdekaan Indonesia, sebagai seorang ibu hatiku malah dipenuhi kekhawatiran. Sungguh terkejut ketika beberapa waktu lalu aku membaca sebuah berita. Ada seorang kakek yang melakukan tindak pelecehan seksual kepada seorang anak SD. 

Dalam berita tersebut, kakek itu berusaha memegang dada anak perempuan tersebut dan bahkan berusaha menciumnya. Ia juga sempat mengancam akan membunuh anak tersebut jika sampai memberitahukan ke orang lain. 

Dalam kasus berbeda yang baru-baru ini juga baru saja terjadi, aku membaca ada seorang kakek yang mencabuli anak balita usia empat tahun di sebuah musholla. Betapa ngerinya. Sebagai seorang ibu dengan empat anak perempuan, tentu ini menjadi sebuah kekhawatiran tersendiri. 

Begitu berat tantangan orang tua jaman sekarang dalam melindungi anak-anak karena ternyata para predator anak tak mengenal usia. Tak hanya orang asing yang bisa melakukan tindak kejahatan, tapi orang terdekat pun juga bisa menyakiti anak kita. Orang tua pun kadang bisa sampai kehilangan kepercayaan pada siapapun karena berita akhir-akhir ini yang sungguh memusingkan. 

Bayangkan, sosok laki-laki yang sudah renta masih bisa jadi ancaman bagi seorang anak. Sosok orang dewasa yang harusnya melindungi anak-anak malah justru menjadi pelakunya. Lantas lingkungan mana lagi yang bisa kita percaya? 

Sebagai orang tua memang kita harus menyadari bahwa kita sebagai manusia memiliki keterbatasan dalam memberikan penjagaan pada anak-anak. Yang utama yang harus dilakukan adalah senantiasa berdoa agar anak-anak  dalam perlindungan Tuhan. Namun selain itu kita pun harus memberikan pencegahan. Mau tak mau anak-anak memang harus diajari bagaimana agar mereka bisa melindungi diri. 

Sebelumnya aku juga pernah menuliskan di blogku terkait bagaimana agar anak terhindar dari predator seksual. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah :

1. Ajarkan anak agar mampu untuk bilang tidak

Ajarkan anak untuk berani bilang tidak atau menolak, ketika ia berhadapan dengan seseorang yang membuat dia tidak nyaman. Ajarkan anak untuk bicara lantang. Lakukan simulasi di rumah jika perlu. Selalu ulangi dan ulangi lagi agar anak tetap ingat dan terlatih. 

2. Bantu anak untuk mengidentifikasi orang asing

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun