Mohon tunggu...
Wenny PermataSari
Wenny PermataSari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Ilmu komunikasi uad

Tinggal di jogja

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sepak Bola dan Futsal adalah Olahraga yang di Gemari oleh Kaum Laki-laki

25 Juli 2021   20:52 Diperbarui: 25 Juli 2021   21:08 622
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Temanku berumur 22 tahun yang bernama fawwas nur hanan sekarang dia bekerja di pabrik tekstil setiap 2 minggu sekali hari sabtu dia selalu bermain futsal bersama teman-temannya futsal dan sepakbola sudah menjadi olahraga favoritnya dari dia kecil sampai sekarang. Bermain futsal adalah hal yang seru buatku, membuat hati riang dan gembira terlebih saat mengocek lawan dan mencetak gol dalam futsal aku belajar kebersamaan, kekompakan dan kedisiplinan dan fair play.  Teman saya itu dari kecil sudah tertarik dengan sepakbola tetapi dulu hanya bermain sepak bola dengan teman-teman rumahnya saja dan waktu itu saya belum tertarik untuk masuk club sepak bola tetapi setelah teman saya tersebut masuk sekolah dasar jadi ikut dalam club sepak bola selalu ikut turnamen antar sekolah jika di sekolah ada yang mengadakan turnamen dan pada saat kelas 6 SD pelatih menunjuk teman saya untuk mengikuti lomba futsal yang bernama "Liga Marimas" dan mendapatkan juara selain "Liga Marimas" ada juga turnamen sepak bola yang bernama "Danone Cup" pada saat sebelum pertandingan setiap hari latihan untuk pertandingan tersebut tetapi setelah melakukan banyak latihan ternyata tidak di bolehkan untuk ikut turnamen oleh ayahnya dengan alasan sudah kelas 6 jadi tidak di perbolehkan untuk tanding biar bisa fokus untuk menuju ujian karena pada saat itu mau ujian juga.


Pada saat smp dia juga mengikuti banyak turnamen  salah satunya Dua Kelinci dan Sebelum pertandingan dimulai kami berkumpul terlebih dahulu di lapangan sambil menunggu teman yang belum datang biasanya saya latihan sendiri terlebih dahulu, seperti latihan dribble, juggling, menggiring, mengoper bola, dan lain sebagainya. Di saat seperti ini lah momen yang tepat untuk mengasah skill individu supaya ketrampilan bermain bola kita meningkat setelah berkumpul di lapangan semua kami akan melakukan pemanasan sebelum bertanding dan sebelum pertandingan dimulai kami akan membagi tim terlebih dahulu, tim dibagi menjadi dua dimana setiap tim terdiri dari 11 orang setelah pembagian tim, saya dan pemain lainnya langsung menempati posisi yang telah ditentukan pertandingan dimulai, prittt.

Pertandingan berlangsung begitu ketat sampai menit akhir. Tim lawan membawa bola dan mencoba menyerang ke gawang kami, saya pun mencoba merebut bola dari lawan dan mendapatkan bolanya. Saya mengoper bola pada teman saya dan tim kami mulai memainkan bola, kami saling mengoper satu sama lain dan pada saat turnamen sepak bola tersebut ternyata setelah babak terakhir tim mereka ternyata mendapatkan juara 2 dan kebetulan juga teman saya itu satu sekolah dengan saya pada saat itu juga dia juga mengikuti banyak turnamen-turnamen futsal yang di adakan di sekolah sampai-sampai dulu banyak ijin sekolah hanya untuk mengikuti turnamen sepak bola yang di adakan di sekolah dan pernah juga pada saat latihan sepak bola kakinya menendang batu sampai kakinya membengkak untung pada saat itu sudah pulang sekolah jadi tidak harus meminta ijin untuk pulang.


Setelah lulus dari smp teman saya itu melanjutkan sekolah di smk pada saat smk teman saya itu juga mengikuti turnamen yang bernama PAF "Putih Abu-Abu Futsal" turnamen tersebut di laksanakan di among rogo. sebelum turnamen di mulai biasanya melakukan latihan-latihan terlebih dahulu setiap hari melakukan latihan rutin untuk mengikuti turnamen tersebut tetapi setelah banyak mengikuti latihan pada saat waktunya turnamen tiba dia tiba-tiba sakit jadi tidak bisa mengikut turnamen tersebut padahal sebelumnya dia sudah berusaha keras untuk mengikuti turnamen tersebut sudah latihan semampu dia juga dan dia juga hampir semua pemain sepak bola suka tetapi jika tim sepak bola yang dia suka dari dulu hingga sekarang adalah Manchester United sampai-sampai dia banyak pernak pernik yang tulisannya Manchester United seperti bantal,guling, selimut dan spreinya bergambar Manchester United jam dindingnya pun ada gambar Manchester United sampai-sampai dia juga banyak stiker tim sepak bola tersebut.


Dalam bermain sepakbola lebih baik di mulai sejak kita masih kecil karena pada saat kita masih kecil kita dapat lebih cepat menangkap apa yang di ajarkan oleh orang lain dan juga agar kemampuan skill individu yang di miliki akan jauh lebih baik dan juga fisik maupun mental kita bisa terbiasa dengan sendirinya. Seperti itulah pengalaman teman saya dalam bermain sepak bola dari kecil hinggal saat ini pada usia yang sudah 22 tahun ini teman saya tetap ingin mengembangkan dalam bermain futsalnya agar kemampuan individu,fisik serta mental yang teman saya ini miliki semakin dapat bertambah seirinya umur dan pengalaman yang sudah dia dapatkan selama bermain futsal ataupun sepak bola. Buat temen-temen tetap semangat dan terus berlatih agar bisa menjadi pemain sepak bola yang hebat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun