Mohon tunggu...
Weni Fitria
Weni Fitria Mohon Tunggu... Guru - Pendidik dan Pembelajar

Memperkaya pikiran melalui tulisan

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Olahraga Ringan Selama Ramadan, Jadi Alternatif Tetap Sehat dan Bugar

10 Mei 2020   22:18 Diperbarui: 10 Mei 2020   22:15 368
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Melakukan olah raga ringan pagi hari di luar rumah|Foto: Dok.Pri

" Obat dan vitamin bukan jaminan hidup sehat. Jaga ucapan, jaga hati, istirahat cukup, makan dengan gizi seimbang dan olahraga yang teratur, itulah kunci hidup sehat."  (Bob Sadino)

Olah raga merupakan sebuah aktifitas yang menyehatkan tubuh. Disamping makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, serta berpikiran sehat, tubuh kita juga membutuhkan olah raga. Tujuannya adalah untuk tetap menjaga kebugaran serta kesehatan tubuh.

Saya sering membaca, olah raga yang baik adalah yang dilakukan secara rutin. Setidaknya demikian anjuran yang saya dengar dari orang yang ahli maupun pakar kesehatan. Selanjutnya juga disarankan melakukan olah raga yang sesuai dengan kondisi tubuh dan kesehatan kita tentunya.

Sekalipun memahami pentingnya melakukan olah raga bagi kesehatan tubuh, saya sebetulnya tidak terlalu rutin melakukan olah raga. Sesuatu yang sebetulnya kurang baik dan tak patut di contoh.Namun untunglah, kebisaan rutin saya menghandle pekerjaan rumah tangga tanpa dibantu asisten rumah tangga, sedikit menutupi kekurangan saya dalam berolah raga. Paling tidak, hampir setiap hari tubuh saya tetap bergerak sekalipun tentunya belum bisa dikatakan benar-benar berolah raga.

Dalam keluarga saya,  suamilah orang yang mungkin cukup rutin berolah raga, paling tidak dibandingkan saya tentunya. Olah raga rutin yang biasa dilakukan suami adalah badminton dan kadang-kadang olah raga basket . Selain itu ia juga cukup sering melakukan  beberapa olah raga ringan yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Olag raga ringan ini pula yang kadang saya ikuti, sehingga sesekali tubuh saya mendapat kesempatan untuk merasakan manfaat olah raga yang sesungguhnya. Misalnya senam kecil untuk peregangan otot, squat dan sebagainya. Dilain waktu kadang-kadang  suami dan saya juga menyempatkan untuk olah raga lari  di sekitar tempat tinggal kami yang kebetulan dekat dengan pantai.

Di Bulan Ramadan, olah raga tentunya tetap dapat dilakukan dan bermanfaat untuk tubuh. Terutama dalam menjaga kebugaran tubuh. Apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini, dimana kegiatan bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH), membuat tubuh cenderung kurang gerak dari biasanya. Tentunya olah raga sangat dibutuhkan, agar tubuh selalu aktif bergerak setiap hari dan kebugaran tubuhpun tetap terjaga.

Bicara olah raga di bulan Ramadan ini, tentulah gampang-gampang sulit. Terutama bagi orang-orang yang belum begitu rutin berolah raga seperti saya. Namun untungnya suami selalu berusaha melakukan beberapa jenis olah raga ringan selama bulan Ramadan, untuk menjaga kebugaran tubuh. Hal ini membuat saya pun kadang kala ikut serta dan mendapatkan manfaat olah raga tersebut.

Ada beberapa jenis olah raga yang pernah kami coba selama bulan Ramadan ini. Dua diantaranya adalah yang cukup sering suami lakukan,  yaitu  beberapa jenis olah raga ringan dan jalan santai.

Olah Raga Ringan (Gerakan pemanasan, peregangan otot dan Squat)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun