Mohon tunggu...
Welhelmus Poek
Welhelmus Poek Mohon Tunggu... Konsultan - Foto Pribadi

Welhelmus Poek seorang aktivis NGO yang sangat intens advokasi isu-isu Hak Asasi Manusia terutama hak-hak kelompok marginal, secara spesifik memperjuangkan hak-hak anak muda, gender dan keadilan sosial lainnya. Lahir di Pulau Rote, 17 Juni 1981. Mengawali karir NGO di Plan International Indonesia tahun 2004 hingga 2015. Kemudian bergabung dengan Hivos International tahun 2016 untuk program energi terbarukan di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur. Tahun 2018-2019 melanjutkan study Master of International Development di University of Canberra. Tahun 2020 kembali bergabung dengan Hivos International untuk program energi terbarukan di Pulau Sumba. Welhelmus juga aktif di Forum Akademia NTT dan masih mensupport aktivitas Institute of Resource Governance and Social Change (IRGSC) Kupang, NTT hingga kini.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Italia Calon Juara Euro 2020

2 Juli 2021   15:44 Diperbarui: 2 Juli 2021   15:46 258 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Italia Calon Juara Euro 2020
ffootball-italia.net ›

Tim nasional Italia saat ini sangat diunggulkan sebagai salah satu kandidat kuat Juara Euro 2020. Hal ini bukannya tanpa alasan. Semenjak gagal kualifikasi Piala Dunia 2018, Timnas Italia kembali ke performa yang diharapkan berkat tangan dingin Roberto Mancini.

Sejak menangani Timnas Italia tahun 2018, berbagai rekor ditorehkan. Mancini berhasil membawa Timnas Italia mencatatkan 31 kemenangan beruntun, dimana 30 pertandingan diantaranya tanpa kebobolan. Rekor clean sheet ini terhenti kala Gli Azzuri menjamu Austria di babak 16 besar Euro 2020. Dimana Italia akhirnya mengakhiri pertandingan sengit tersebut dengan kemenangan 2:1.

Ya, performa dan rekor baru bagi Timnas Italia tersebut tidak lepas dari segudang pengalaman Mancini baik saat sebagai pemain profesional yang juga pernah mengisi skuad Timnas Italia, dan sebagai salah satu pelatih top dunia yang pernah menangani beberapa klub, sebut saja Inter Milan, Manchester City, Galatasaray, dan Zenit Saint Petersburg.

Kejelian Memilih Pemain dan Tim Pelatih

Selain faktor pengalaman, menurut saya keperkasaan Timnas Italia saat ini tidak lepas dari kejelian Mancini dalam memilih pemain dan tim pelatihnya. Yang fenomenal adalah ia kembali memanggil Kapten Gli Azzuri yang sebelumnya sudah memutuskan pensiun dari Timnas, Giorgio Chiellini.

Faktor pengalaman Chiellini menjadi alasan utama Mancini kembali memberikan tanggungjawab Captain di lengannya. Selebihnya, skuad Timnas Italia saat ini lebih didominasi oleh pemain-pemain muda berbakat Italia. Sebut saja ada Bastoni, Barella, Locateli, Pesina, Chiesa, Verrati, adalah deretan anak muda Italia yang tidak luput dari radar Pelatih, Roberto Mancini.

Sementara staf pelatih Timnas Italia diisi oleh para asisten Mancini selama menangani Inter Milan, Manchester City, dan Zenit St Petersburg dengan Manajer Timnas dipercayakan kepada Manajer Inter Milan, Gabriele Oriali, mantan gelandang Inter Milan dan Fiorentina.

Kombinasi pemain-pemain berpengalaman dan muda berbakat serta kinerja asisten pelatih yang sangat ahli dalam tugas masing-masing ditambah kemampuan Mancini meracik tim yang kompetitif, alhasil Timnas Italia selalu tampil dominan dalam berbagai pertandingan. Termasuk selama perhelatan Euro 2020 yang sedang berlangsung saat ini.

Sangat Siap Hadapi Belgia

Belgia akan menjadi lawan berikutnya bagi Ciro Immobile dan kawan-kawan di fase 8 besar. Belgia berhasil mengkandaskan langkah Portugal yang juga juara bertahan di babak 16 besar. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan harus angkat koper lebih awal.

Beberapa pengamat bola memprediksi laga Italia vs Belgia akan sangat ketat. Kedua negara ini masuk dalam bursa calon Juara Euro 2020. Hanya saja menurut saya Italia akan terus mengukir sejarah dengan mengkandaskan Belgia di babak 8 besar nantinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN