Mohon tunggu...
Achmad Suwefi
Achmad Suwefi Mohon Tunggu... Administrasi - pekerja swasta penggemar Liverpool, Timnas dan Argentina

You will never walk alone

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Dibungkam Indonesia 7-1, Timor Leste Sukses ke Semifinal Piala AFF U23

22 Februari 2022   10:19 Diperbarui: 22 Februari 2022   10:21 399 14 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
(Laga Timor Leste kontra Kamboja/ sumber foto aseanfootball.org)

"Saya sangat senang dan anak-anak ini pantas mendapatkannya (untuk mencapai semifinal). Kami telah bekerja dengan tim ini selama dua tahun terakhir. Kami memiliki momen kami di babak pertama dan kami bisa saja mencetak beberapa gol. Kamboja menguasai babak kedua tetapi mereka tidak memiliki peluang nyata,"

Sebuah ungkapan suka cita dari pelatih kepala Timor Leste Bruno Maciel usai timnya mampu mengalahkan tuan rumah Piala AFF U23 2022, Kamboja lewat gol bunuh diri pemain tuan rumah. Sundulan bek Yue Safy yang menembus gawang sendiri usai menahan tembakan keras Filomeno Da Costa pada menit ke-18 sudah cukup membawa Timor Leste meraih kemenangan dilaga terakhir grup sekaligus memuncaki klasemen grup A.

Ini menjadi semifinal kedua Timor Leste dalam sejarah sepakbola mereka setelah apa yang Timor Leste lakukan di Piala AFF U19 2013 yang digelar di Indonesia. Timor Leste sukses menjadi juara grup A untuk berjumpa Indonesia yang akhirnya meraih gelar juara setelah Evan Dimas dkk sukses mengalahkan Vietnam dilaga puncak lewat drama adu pinalti.

(Laga Indonesia vs Timor Leste di semifinal Piala AFF U19 2013/ sumber foto bola.tempo.co)
(Laga Indonesia vs Timor Leste di semifinal Piala AFF U19 2013/ sumber foto bola.tempo.co)

Timor Leste kalah 0-2 dari anak asuh Indra Sjafri lewat gol Ilham Udin dan Muhammad Hargianto, kekalahan yang membuat Fracyatma Alves dkk harus puas memperebutkan peringkat tiga turnamen. 

Akhirnya dalam laga yang digelar di stadion Gelora Sidoarjo, Timor Leste sukses menjadi pemenang usai mengalahkan Laos 4-2 lewat hattrick yang dicetak Adellino Trindade.

(Laga ujicoba FIFA saat Indonesia kalahkan Timor Leste 7-1 (4-1 dan 3-0) / sumber foto bola.kompas.com)
(Laga ujicoba FIFA saat Indonesia kalahkan Timor Leste 7-1 (4-1 dan 3-0) / sumber foto bola.kompas.com)

Kini hampir 10 tahun berselang, Timor Leste kembali membuat kejutan di turnamen usia yang digelar AFF. Kekalahan 1-7 (1-4 dan 0-3) dari Indonesia jelang keberangkatan ke Kamboja membuat 16 pemain Timor Leste memiliki bekal berharga tampil di laga berlabel persahabatan dilevel senior dan hasilnya membuat mereka tampil apik sejauh dengan lolos ke semifinal Piala AFF U23.

Kini Filomeno Junior dkk tinggal menunggu laga terakhir Vietnam vs Thailand yang akan mempengaruhi dua wakil semifinal tersisa. Kamboja, Vietnam dan Thailand masih berpeluang lolos ke babak semifinal untuk menjadi lawan Laos ataupun Timor Leste.

Kini 'saudara muda' Indonesia, Timor Leste sedang berusaha meraih hasil terbaik diturnamen level ASEAN yang diikutinya dan akan kah kejuatan Timor Leste bisa berakhir dengan trof juara? Menarik dinanti pastinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan