Achmad Suwefi
Achmad Suwefi karyawan swasta

You will never walk alone

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Hasrat Egy dan Kiprah Pemain Asia di Prancis

9 Januari 2018   16:17 Diperbarui: 12 Januari 2018   12:17 1547 10 4
Hasrat Egy dan Kiprah Pemain Asia di Prancis
ilustrasi (KOMPAS.com)

Egy Maulana Vikri bermain di Eropa memang sudah tak terbendung dan kabar kembalinya sang kapten Timnas Indonesia U19 dari trial di klub ligue1 Prancis, St Etienne tentu menjadi sesuatu yang menggembirakan.

"Saya punya impian menjadi orang pertama di Indonesia yang bermain di Liga Champions. Jadi saya harus bekerja keras untuk bisa bermain di klub Eropa," --Egy Maulana Vikri

Bukan saja bagi pecinta Timnas Indonesia tetapi juga sang pemain yang memang ingin mengembangkan karir di benua biru demi meningkatkan kualitas teknik olah bola yang dimilikinya. Kini sang pemain tinggal menunggu kabar baik dari klub tempat trialnya akhir desember tahun lalu serta menanti kemungkinan tawaran klub lainnya.

"Dari Spanyol saja ada 3 klub, belum dari negara lain. Ada juga St Etienne setelah melalui pertimbangan matang, termasuk budaya, agama, dan lain-lain," kata Dusan Bogdanovic kepada Menpora RI, Imam Nahrawi sembari menambahkan waktu 1-2 bulan akan ada kepastian soal kontrak Egy.

Pertanyaan mengemuka, apakah Liga Prancis yakni Ligue1 dan turunannya menarik perhatian pemain bola asal Asia? Sebuah pertanyaan yang layak untuk dicarikan jawabannya karena selama ini pemain Asia banyak mewarnai kompetisi Bundesliga seperti Shinji Kagawa (Borrusia Dortmund) namun ada juga yang mencuri perhatian di English Premier League (EPL) bersama Tottenham Hotspur, Son Heu Min serta Shinji Okazaki yang bermain di Leicester City.

(Aksi Hiroki Sakai bersama klubnya Marseille di Ligue1 Perancis/sumber foto dilansir dari Dailymail.co.uk)
(Aksi Hiroki Sakai bersama klubnya Marseille di Ligue1 Perancis/sumber foto dilansir dari Dailymail.co.uk)

Ligue 1 dan turunannya ternyata menarik minat pemain Asia untuk mengembangkan karirnya sembari mencari peluang untuk bermain di klub besar Prancis maupun klub-klub terkenal di EPL, Serie A maupun La Liga. Dan berikut beberapa pemain Asia yang menjadi kompetisi sepakbola di Prancis sebagai pelabuhan tempat melanjutkan karir profesionalnya.

Hiroki Sakai (Jepang) mencuri perhatian bersama klubnya, Olympique de Marseille yang dibelanya sejak musim 2016/17 usai membela klub Jerman, Hannover. Musim perdananya di klub yang pernah menjuara Piala Champions Eropa tersebut, Hiroki yang bermain sebagai bek kanan melakoni 35 laga disemua kompetisi yang diikuti Marseille. Selain Hiroki ada dua pemain Jepang lainnya yang bermain di Prancis yakni Eiji Kawashima (Metz) dan Alpha Kubotasawane (Montceau).

Sedangkan nama pemain lainnya adalah dua pemain Korea Selatan yakni Hyun Jun Suk yang bermain di Ligue1 bersama Troyes dan telah mengoleksi lima gol sejauh ini. Nama lainnya adalah Cang Hoon Kwon yang bermain didivisi 2 bersama klub Dijon II. Juga ada pemain keturunan asal Vietnam, Michelle Lee yang bermain diklub Amneville (Divisi 2).

Menarik dinanti kiprah selanjutnya dari Egy Maulana Vikri sembari menanti batas usia untuk mendapat kontrak professional baik dari klub St Etienne (Prancis) maupun klub Eropa lainnya.Semoga mimpi Egy Maulana Vikri menjadi pemain pertama di Liga Champions Eropa dapat terwujud dengan memulainya bermain diklub professional Eropa. 

"Tapi saya sudah bertekad untuk bisa mewujudkan cita-cita bermain di Eropa. Saya punya impian menjadi orang pertama di Indonesia yang bermain di Liga Champions. Jadi saya harus bekerja keras untuk bisa bermain di klub Eropa," ungkap Egy Maulana Vikri usai menghadap Menpora Imam Nahrawi pekan lalu.

#KiprahPemainAsia
#Prancis  

Sumber foto Hiroki Sakai diambil dari youtube.