Achmad Suwefi
Achmad Suwefi karyawan swasta

You will never walk alone

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Perbaiki Liga, Malaysia Gabung "World League Forum"

13 November 2017   12:42 Diperbarui: 14 November 2017   11:27 1153 5 2
Perbaiki Liga, Malaysia Gabung "World League Forum"
(Tuanku Sultan Ismail,Ketum FAM/ sumber foto dilansir football tribe)

Liga Super Malaysia 2017 telah memunculkan kembali Johor Darul Takzim (JDT) sebagai penguasa kompetisi sepakbola tertinggi di Malaysia.Ini menjadi catatan keempat kali berturut-turut bagi klub yang ber-home base distadion Tan Sri Dato Haji Hassan Yunos tersebut.Namun sebagai sebuah liga sepakbola pada umumnya,Liga Super Malaysia pun tidak lepas dari berbagai permasalahan yang ada.

Diawal musim,dua klub yakni Kelantan FA dan Selangor FA mengalami permasalahan finansial yang hampir menjegal keikut sertaan mereka diLiga Super Malaysia 2017.Lalu ada muncul ‘Feeder Club Regulation’ terkait proses perpindahan Jeronimo Berrales dengan Gabriel Guerra antara klub JDT dengan JDT II yang merupakan ‘Feeder Club’-nya JDT.Kemudian perpindahan pelatih terkait prestasi klub serta ditarik ke Timnas Malaysia.

Mengembangkan kompetisi Liga Super Malaysia sehingga mencapai standar profesional memang menjadi target utama FAM (Asosiasi Sepakbola Malaysia) yang tentunya berimbas pada level permainan Timnas Malaysia.Banyak rujukan yang bisa diambil FAM dalam mengembangkan kompetisi sepakbola mereka termasuk memilih bergabung dengan WLF (World League Forum) sekaligus menjadikan Malaysia negara pertama ASEAN yang bergabung dengan WLF. 

"Ini memungkinkan kita untuk belajar lebih banyak dan memperbaiki perkembangan sepak bola lokal serta mencapai standar profesionalisme dan integritas dengan belajar dari negara lain yang telah maju dengan baik dalam manajemen dan pengembangan sepak bola," kata Tuanku  Ismail Sultan Ibrahim,Ketum FAM saat menandatangi WLF dan Football Malaysia Limited Liability Partnership (FMLLP). 

“Liga tersebut akan membantu Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) dalam merencanakan organisasi sepak bola struktural dan pengembangan sepak bola lokal yang ramping untuk lima sampai 10 tahun ke depan,” ungkap Jerome Perlemuter,Sekjen WLF.

The World Leagues Forum , atau WLF untukjangka pendek, adalah Asosiasi Sepak Bola Profesional Dunia yang didirikan pada tanggal 25 Februari 2016 di Zurich.Dengan anggota pendiri pertama kali 24 asosiasi sepakbola profesional dari empat benua dari lima benua federasi kontinental FIFA yakni UEFA/Eropa, AFC/Asia, CAF/Afrika dan CONCACAF,CONMEBOL/Amerika yang mewakili 1,100 klub dan 20 ribu pemain. 

Berikut daftar kompetisi yang tergabung dalam World League Forum :
1. UEFA/Eropa: Jerman, Spanyol, Perancis, Italia, Inggris, Belanda, Portugal, Swedia, Swiss dan Skotlandia
2. AFC/Asia: Jepang, Qatar, Arab Saudi dan Malaysia
3. CAF/Afrika: Afrika Selatan, Kenya dan Nigeria
4. CONCACAF/Amerika Utara: Amerika Serikar, Meksiko, Honduras dan Kosta Rika
5. CONMEBOL/Amerika Selatan: Kolombia, Bolivia dan Ekuador.

Pilihan realistis bagi FAM,dalam menjadikan kompetisi Liga Super Malaysia lebih profesional dan kompetitif dengan bergabung bersama WLF.

#GeliatBolaASEAN