Mohon tunggu...
Achmad Suwefi
Achmad Suwefi Mohon Tunggu... Administrasi - pekerja swasta penggemar Liverpool, Timnas dan Argentina

You will never walk alone

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

2019, Giliran Timnas Indonesia Tampil di Piala Dunia?

7 Januari 2017   17:07 Diperbarui: 7 Januari 2017   17:52 12686
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Momen saat Evan Dimas dkk harus gagal di Piala Asia U-19 2014 / sumber foto : solopos)

Dalam rangka menyambut kongres tahunan PSSI era Letjen Edy Rachamayadi yang bakal digelar di Bandung (8/Jan) mendatang dan akan mengagendakan beberapa agenda seperti program kerja PSSI 2017, status tujuh klub bermasalah hingga urusan pelatih Timnas Indonesia semua level mulai dari U-16, U-19, U-23 hingga Timnas Senior bolehlah penulis memberikan harapan dan target kepada pengurus PSSI periode 2016-2020.Harapan yang tentunyan diapungkan pendukung Timnas Indonesia yang rindu Timnas berprestasi.

‘Myanmar dan Vietnam Sudah, 2019 saatnya Timnas Indonesia tampil di Piala Dunia’, itulah harapan sekaligus target yang penulis minta kepada pengurus PSSI yang baru. Berlebihan kah target tersebut?Tidak juga.Myanmar dan Vietnam melakukan hal yang sama dalam urusan persiapan Timnas mereka termasuk mendatangkan pelatih asing (Myanmar) serta mengganti dengan pelatih lokal (Vietnam) plus menanamkan kebanggaan akan negara menjadi modal mereka lolos ke Piala Dunia U-20.

Sekedar flashback ..

(Momen keberhasilan Myanmar lolos ke Piala Duni U-20 2015 / sumber foto :twitter myanmar football)
(Momen keberhasilan Myanmar lolos ke Piala Duni U-20 2015 / sumber foto :twitter myanmar football)
Myanmar yang menjadi tuan rumah Piala Asia U-19 2014 sukses besar dengan lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 2015 di Selandia Baru usai menjadi semifinalis Piala Asia U-19. Dukungan penuh publik sepakbola Myanmar ternyata mampu membakar semangat Aung Thu dkk untuk tampil menggila dan sukses membalikkan prediksi sedangkan Evan Dimas dkk gagal memenuhi target karena hanya menjadi juru kunci grup B yang dihuni UEA, Australia dan Uzbekistan yang lolos ke Selandia Baru.

Sesuai prediksi, Myanmar pun tidak mampu lolos dari fase grup Piala Dunia U-20 Selandia Baru karena menelan tiga kekalahan.Amerika Serikat mengalahkan mereka 2-1 dilaga perdana lalu Ukraina yang memangkas Myanmar enam gol tanpa balas dan kalah 1-5 dari tuan rumah, Selandia Baru dipartai pamungkas grup A yang memaksa Myanmar menjadi juru kunci grup A Piala Dunia U-20 2015 Selamdia Baru.

Piala Dunia U-20 2017, Sukses Besar Sepakbola Vietnam

(skuat Vietnam merayakan kesuksesan lolos ke Piala Dunia U-20 2017 / sumber foto fifa)
(skuat Vietnam merayakan kesuksesan lolos ke Piala Dunia U-20 2017 / sumber foto fifa)
2016 menjadi tahun penuh warna bagi sepakbola Vietnam,kok bisa?Vietnam memang gagal lolos ke final Piala AFF Suzuki 2016 karena kalah dari Indonesia dengan aggregat 3-4 dibabak semifinal namun Vietnam mampu mengejutkan dan mencetak sejarah dengan lolos ke Piala Dunia Futsal 2016 (Timnas Futsal) serta Piala Dunia U-20 2017 (Timnas U-20).Sebuah catatan sejarah dari keseriusan program pengembangan yang dilakukan oleh VFF atau federasi sepakbola Vietnam.

Lolos ke Piala Dunia U-20 2017 sekaligus membayar kegagalan Timnas era Guillame Graechen yang seangkatan dengan Evan Dimas dkk yang gagal lolos ke Selandia Baru karena hanya menjadi juru kunci grup D Piala Asia U-19 2014 di Myanmar.Dan dua tahun kemudian di Bahrain, anak asuh Hoang Anh Thuan mampu tampil mengejutkan sekaligus lolos ke babak semifinal usai melewati hadangan Bahrain diperempat final serta Korea Utara, Irak dan UEA difase grup.

“Kami telah berlaga diputaran final Piala Asia selama bertahun-tahun tapi ini adalah kali pertama lolos Piala Dunia.Ini adalah sebuah bukti nyata untuk strategi pembangunan jangka panjang kami,yang fokus pada upaya kami mendidik dan mengembangkan pemain muda.Sekarang kita telah lolos kualifikasi, ada kesempatan langka bagi anak-anak kami untuk bermain melawan tim terbaik. Pengalaman-pengalaman dipiala dunia akan sangat berharga untuk pengembangan masa depan mereka.Jika pemain muda kami sering dapat berpartisipasi dalam kompetisi tingkat atas ini, mereka akan membuat kemajuan yang baik dan sebagai hasilnya tim nasional senior kami akan menjadi lebih kuat,” terang Sekjen VFA, Le Hoai Ahn sebagaimana dilansir FIFA.com.

Piala Dunia U-20 2019, saat mimpi Timnas U-19 Diperjuangkan

(Aksi Pemain Timnas U-19 di Piala AFF U-19 2016 / sumber foto : juara.net)
(Aksi Pemain Timnas U-19 di Piala AFF U-19 2016 / sumber foto : juara.net)
Kenapa harus Piala Dunia 2019?Karena Piala Dunia U-20 berikutnya akan digelar pada 2019 setelah tahun ini akan digelar di Korea Selatan dimana ASEAN kembali sukses meloloskan wakilnya dalam dua edisi terakhir Piala Dunia U-20 yakni Myanmar (2015) dan kini Vietnam (2017).Tahun 2017 menjadi masa persiapan Timnas U-19 dengan mengikuti gelaran Piala AFF U-19 2017 serta kualifikasi Piala Asia U-19 2018 yang menjadi ajang penentuan wakil Asia untuk lolos ke putaran final Piala Dunia U-20.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun