Mohon tunggu...
Weedy Koshino
Weedy Koshino Mohon Tunggu... Lainnya - Weedy Koshino

Konnichiwa! Ibu 2 anak yang hidup di Jepang. Ingin membagi pengalaman selama hidup di Jepang. Penulis Buku Unbelievable Japan 1,2,3 dan Amazing Japan. Yoroshiku Onegaishimasu.

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Terkena Kasus Skimming Kartu Bank Mandiri!

28 April 2020   16:06 Diperbarui: 28 April 2020   16:17 1878
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://seminyaktimes.com/

Saya sampai kaget sekali mendengar berita kalau adik saya di Indonesia kehilangan uangnya sebanyak 8 juta lebih! 

Katanya dia kena kasus SKIMMING! Nah, skimming itu apa sih? Saya pun baru tahu hari ini.

Skimming adalah tindakan pencurian informasi dengan cara menyalin informasi  yang terdapat pada strip magnetik kartu debit atau kartu kredit secara ilegal. 

Setelah mendapat berita itu saya langsung browsing tentang kasus Skimming di Indonesia, di luar dugaan ternyata sudah banyak kasusnya. 

Saya akan cerita kronologisnya kisah adik saya ini dengan harapan semoga kita semua bisa lebih hati-hati dan terus waspada agar kejadian ini tidak terulang lagi kepada siapapun dan saya berharap agar pihak BANK MANDIRI MARGONDA DEPOK segera memfollow up kasus ini secepatnya dan mengganti kehilangan uang nasabahnya.

Pada tanggal 25 April 2020 sekitar jam 8 malam saat mau mengambil uang di atm mandiri, tiba-tiba kartunya tidak bisa terpakai karena telah terblokir. Karena hari Minggu 26 April bank tutup maka adik saya baru melaporkan kejadian pada hari senin tanggal 27.

Laporan disampaikan ke customer service bank mandiri margonda depok setelah menceritakan kejadiannya, di respon kalau adik saya kena gesek tunai, nah masalahnya kartu mandiri yang kena skimming itu adalah kartu debit atm bukan kartu kredit. 

Dan akhirnya tidak ada pemecahan masalahnya, mendengar ini saya ikut kesal sekali dengan customer service mandiri karena mereka juga ngecek ada 2 transaksi yang aneh sekali dilakukan di luar negeri, dan kena blokir itu katanya karena mereka sadar kalau transaksi itu aneh, tapiiii kalau mereka merasa aneh kenapa tidak segera menghubungi nasabah untuk konfirmasi atau segera memblokir setelah transaksi pertama selesai?? jadinya kan nggak ada transaksi aneh yang kedua?

Akhirnya karena tidak puas dengan pelayanan customer service pada hari senin itu, maka adik saya kembali ke bank Mandiri Margonda Depok pada hari selasa tanggal 28 April, hari ini dan dilayani customer service yang lain, alhamdulillah mendapat pelayanan yang memuaskan dan dikatakan kalau adik saya terkena skimming kartu. 

Untuk itu Bank Mandiri margonda depok akan bertanggung jawab mengurus kasus ini dan akan mengembalikan uangnya dalam dua minggu. Karena adik saya sudah melaporkan ke kantor polisi juga, untuk kasus pemberian data katanya akan diurus langsung antara bank Mandiri margonda depok dan kepolisian.

Melihat kasus ini waduh gak kebayang kalau adik saya ngambil uangnya sebulan kemudian, dan gak sadar kalau kartunya kena skimming?? 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun