Mohon tunggu...
Weedy Koshino
Weedy Koshino Mohon Tunggu... Lainnya - Weedy Koshino

Konnichiwa! Ibu 2 anak yang hidup di Jepang. Ingin membagi pengalaman selama hidup di Jepang. Penulis Buku Unbelievable Japan 1,2,3 dan Amazing Japan. Yoroshiku Onegaishimasu.

Selanjutnya

Tutup

Money Artikel Utama FEATURED

Jepang, Negara yang Selalu Haus Inovasi

30 Januari 2018   07:33 Diperbarui: 1 November 2018   01:11 4133
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pagi dan malam adalah saat santai saya dan keluarga untuk melihat berita dalam negeri, politik, kriminal, sosial budaya, hiburan dan teknologi. Nah, bahasan yang tentang teknologi itu loh, yang kadang buat saya bergidik serem sendiri. Ini Jepang, edun banget ya kalau sudah "bermain-main" dengan yang namanya teknologi.

Negara yang selalu saja aktif menciptakan hal-hal baru yang mutakhir dan canggih. Sampai saat sarapan, suami saya bilang sama anak-anak, kalian ya harus belajar yang bener loh, soalnya saat nanti kalian masuk dunia kerja, itu saingannya bukan manusia lagi tapi robot! saya yang ngedenger sampe ngakak. Waduh ngebayangin suasana kerja dalam kantor, robot-robot mirip manusia seliweran sana-sini.

Negara yang Haus Inovasi

Masyarakat jepang adalah orang-orang yang tidak pernah puas. Otak mereka akan selalu berputar memikirkan hal-hal baru yang bisa membuat kehidupan mereka berjalan mudah dan lancar, efektif dan efisien. 

Saya sebagai ibu rumah tangga, pernah bermimpi dan berandai andai kalau saja ada robot yang bisa membantu pekerjaan rumah tangga, pasti akan laku keras deh hahaha. Nyuci sudah ada mesin cuci, nyapu sudah ada robot rumba yang bisa bersihkan debu dan kotoran di lantai, hmm apalagi ya? 

Oh iya ada nih pekerjaan yang paling saya kurang suka, yaitu gosok baju! Sebenernya, selama hidup di Jepang saya tidak pernah lagi menggosok pakaian yang dipakai sehari-hari, biasanya dari jemuran langsung dilipat masukin lemari baju, tapi untuk baju kerja suami tentu saja saya harus menggosoknya hingga licin. Saat sedang setrika baju itulah saya berandai-andai mikir seandainya saja ada robot yang bisa nyetrika. Gak mungkin kali ya?? 

Tapi jengg jeng jeenggg, beberapa waktu yang lalu saya lihat berita dimana ada mesin yang bisa setrika sampai melipat baju hingga rapih! Hebat banget. Entah ini masih uji coba atau sudah dijual, tapi melihat ini saya jadi deg-deg an seneng, cihuy dong kalau acara gosok baju nanti ada yang ngerjain. Hahaha. 

Lalu mobil tanpa pengemudi. Inovasi canggih jepang menciptakan mobil yang bisa jalan tanpa driver ini mengingatkan saya akan film series jadul Knight Rider, itu si KITT, mobilnya bisa dipanggil sama si boss, dan bisa jalan walau tidak ada pengemudinya. Dulu mah saya mikir impossible banget lah yang beginian, tapi bimsalabim kok ya sekarang ada di Jepang! 

Pernah loh, dibahas tentang mobil tanpa driver ini di tv, canggih banget! Latar belakang diciptakan mobil ini katanya agar pengendara mobil bisa nyaman dan melakukan aktifitas lain. Misal, saat berkendara bersama keluarga, maka si papa yang biasanya jadi sopir, akan bisa bercengkrama dengan keluarga dan bisa juga memperkecil kecelakaan. 

Mobil tanpa driver ini katanya dipersiapkan untuk menyambut Tokyo Olimpic 2020 nanti. Wah pengin lihat saya gimana nanti kalau mobil-mobil ini berseliweran di jalan-jalan, saya mah tetap yang ada supirnya saja lah, malahan serem kalau mobil bisa jalan sendiri kaya ada obake, hahahaha..

Saya suka senang kalau ada teman yang sedang liburan ke Jepang dan bisa menikmati segala suasana, dari yang mengamati tingkah laku orang-orangnya sampai dengan mengamati kecanggihan teknologinya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun