Mohon tunggu...
Wawan Hermawan
Wawan Hermawan Mohon Tunggu... Guru - Guru

Hobi jalan-jalan, membaca, menulis dan membahagiakan orang.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Menjaga Mood Isteri Pasca Melahirkan

18 Juni 2024   10:54 Diperbarui: 18 Juni 2024   10:56 110
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: diambil dari topik pilihan kompasiana

Menjaga Mood Isteri Pasca Melahirkan

Kodrat seorang wanita adalah mengandung dan akan melahirkan itu tidak bisa ditolak, sudah menjadi sunatulloh, mau tidak mau akan terjadi seperti itu, ada beberapa asumsi yang menyatakan bahwa puncak kesempurnaan wanita adalah saat bisa melahirkan seorang anak. 

Namun tidak sedikit wanita akan mengalami perubahan pasca melahirkan anaknya, dari mulai fisik dan psikisnya. Kenapa ini bisa terjadi? Karena wanita di hantui kekhawatiran yang menghinggapi dirinya.

Adalah hal yang wajar bila  wanita setelah melahirkan akan mengalami baby blues syndrome,

Baby blues syndrome adalah kondisi ketika seorang ibu mengalami depresi ringan pasca melahirkan. Meski terkadang terlihat sepele, kondisi ini bisa berdampak buruk baik bagi ibu maupun bayi apabila tidak segera ditangani.

Pada situasi itu, seorang suami harus bisa mengembalikan mood isterinya, paling tidak usaha yang dilakukan suami itu diharapkan akan bisa meringankan beban isteri pasca melahirkan anaknya. Berikut hal yang dapat di lakukan seorang suami pada isterinya:

1. Jadi suami siap siaga

Jadi suami siap siaga mungkin sangat diharapkan dan jadi idaman bagi wanita, siap siaga adalah siap antar dan jaga, karena bagaimanapun isteri perlu didampingi kemanapun ia pergi, apalagi pasca melahirkan.

Buat istrimu tidak merasa kesepian, tetapi anda sebagai suami selalu ada di sampingnya, selalu ada saat ia membutuhkan kehadiran anda. Berikan pujian yang membuat kepercayaan dirinya tumbuh kembali.

Saat mengetahui isteri akan melahirkan usahakan anda ada disampingnya, itu akan membuatnya senang bahagia, kalaupun sedang bekerja anda bisa meminta cuti pada tempat dimana anda bekerja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun