Mohon tunggu...
WawanAdalah
WawanAdalah Mohon Tunggu... Pribadi

Fotografer

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Tugas 'Suci' Jokowi Untuk Prabowo

13 Juli 2020   14:23 Diperbarui: 13 Juli 2020   14:20 103 3 0 Mohon Tunggu...

Presiden Joko Widodo meminta Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto untuk menjadi 'jenderal' pangan. Mengawal dan memastikan ketersediaan pangan untuk rakyat Indonesia.

Tugas tersebut bukanlah perkara enteng. Dibutuhkan komitmen, konsistensi, hingga koordinasi banyak pihak. Itulah mengapa Jokowi meminta Prabowo turut andil membantu persoalan pangan.

Sebab, Jokowi tahu bahwa pangan bukanlah urusan Kementerian Pertanian, Kementerian Kelautan dan Perikanan, atau tugas Bulog semata. Lebih dari itu, pangan adalah persoalan bersama seluruh lintas elemen.

Penulis mafhum alasan Jokowi menginstruksikan Prabowo menjadi garda terdepan terkait pangan. Eks Wali Kota Solo itu tentunya tahu betul seperti apa kualitas dan kababilitas seorang Prabowo.

Prabowo malang melintang di dunia militer. Selain itu, putra dari salah satu begawan ekonomi bangsa tersebut sedari awal menaruh perhatian besar terhadap masalah pangan.

Tengoklah sejumlah buku dan sejumlah pandangannya mengenai pangan, sangat banyak dan visioner. Salah satu wujud konkretnya adalah dengan terlihat aktif ketika itu di Himpunan Kerukukan Tani Indonesia (HKTI).

Artinya pengalaman Prabowo sejatinya menjadi latar mengapa Jokowi mempercayakan tugas 'suci' tersebut kepadanya. Prabowo, pun dengan penulis, yakin bisa mengemban amanah besar tersebut.

Jangan nyinyir, kita dukung, kita perkuat dengan narasi optimisme.

sumber : kompas.com

VIDEO PILIHAN