Mohon tunggu...
Wawan
Wawan Mohon Tunggu...

Belajar jadi penulis

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Dada Lapang Tempatnya bagi Hati yang Besar

18 Februari 2015   04:04 Diperbarui: 17 Juni 2015   11:00 162 0 0 Mohon Tunggu...


LAPANG DADA
Kenapa harus ada pribahasa lapang dada ya? Untuk apa juga harus lapang dada?

BERBESAR HATİ...
Hampir setiap manusia punya keinginan. İngin memiliki dan ingin dihargai. Rasa ke-ego-an lah yang mendominasi hasratnya itu. Kalau bisa inginnya sih semua adalah miliknya. Orang lain tak perlu punya. Karena kepunyaannyalah orang harus tunduk dan sujud kepadanya. Alasannya entah itu materi, jabatan, atau lainnya.
Disisi lain kadang kita enggan sekedar memuji kelebihan orang lain. Alasan sering kita lontarkan sebagai pembelaan diri, bahwa kita masih lebih pantas dihargai. Sekali lagi karena ke-ego-an lah kita berusaha menepis dengan muka sinis. Modalnya entah itu umur, lebih dulu datang atau lainnya.
Karena kenyataan sering tidak sesuai keinginan maka perlu BERBESAR HATİ. Berbesar hati adalah menerima apa adanya. Dalam kata lain tak menuntut lebih walaupun tidak sesuai harapan. Lawan kata berbesar hati adalah BERKECİL HATİ.
Kita tahu kan bahwa hati itu adanya di rongga dada? Nah... untuk menyimpan hati yang besar perlu dada yang luas atau lapang, maka munculah pribahasa LAPANG DADA.
Tapi.... jangan terlalu besar hatinya kasihan dadanya nanti BUSUNG DADA! Negatif pengertiannya, busung dada adalah SOMBONG!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x