Mohon tunggu...
Irwan Thahir Manggala
Irwan Thahir Manggala Mohon Tunggu... pegawai negeri -

Orang yang Sudah Mati Benar-benar Sudah di ALAM KUBUR . Semoga kita terhindar dari golongan orang yang SEMANGATNYA LAGI TERKUBUR.

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Pesan buat Najwa Shihab, Duta Baca Indonesia

1 Mei 2016   05:26 Diperbarui: 1 Mei 2016   11:09 431 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pesan buat Najwa Shihab, Duta Baca Indonesia
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Tontowi Yahya dan Andy F Noya, dua Duta Baca Indonesia yang tidak sempat saya ikuti jejak langkah programnya. Najwa Syihab diangkat jadi Duta Baca sejak 2016 hingga tahun 2020. Saya baru tahu kalau presenter mata Najwa (Metro TV) itu diangkat Perpustakaan Nasional di majalah Tempo.   Kehadiran Najwa disambut dengan tantangan data terbaru tentang tingkat dan perkembangan literasi di negeri kita. Tajuk Rencana Kompas di pertengahan April 2016 mengurai Indonesia berada di rangking ke-60 dari 61 negara. 

Saya masih menyimpan koran Fajar tahun 2008 yang didalamnya ada lembar khusus tentang kota  Makassar (Sulawesi Selatan)  Gemar Membaca. Gebrakan itumendapat penghargaan berupa rekor MURI. Saya juga membeli dan menyimpan koran Jawa Pos yang mengurai Sidoarjo (Jawa Timur) dalam gerakan budaya literasi. Nah, Najwa Shihab bisa memanfaatkan 2 wilayah ini sebagai jembatan tolak ukur program pemasyarakatn minat baca. 

Saya senang dan bangga Najwa Syihab sudah memaparkan visi misi Duta Baca Indonesia di gdung Perpustakaan Nasional. Najwa memaparkan data dari sumber terbaru, seperti Unesco. Perbandingan daya minat maca dibeberapa negara juga disinggung. Pengalaman dan cerita  masa kecil Najwa yang sangat kental dengan buku  menjadi inspirasi untuk membuat role model (gerakan minat baca). 

Toko buku Gramedia membuat lomba Gramedia Reading Community yang berlangsung hingga batas waktu 30 Mei 2016. Ajang ini bisa dimanfaatkan Najwa untuk menumbuhkembangkan program pemasyarakatan minat baca. Saya mengusulkan agar Najwa Syihab sebaiknya bekerja sama dengan Mendkbud Anies Baswedan. Perahu Kemendikbud akan lebih efektif dan efisien dalam membawa pesan gemar baca. 

Saya ingin bertemu langsung dengan Najwa Syihab untuk menyerahkan kumpulan slogan minat baca. 

    

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN