Mohon tunggu...
Irwan Thahir Manggala
Irwan Thahir Manggala Mohon Tunggu... pegawai negeri -

Orang yang Sudah Mati Benar-benar Sudah di ALAM KUBUR . Semoga kita terhindar dari golongan orang yang SEMANGATNYA LAGI TERKUBUR.

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Good Bye 2015, Welcome 2016

22 Desember 2015   09:59 Diperbarui: 22 Desember 2015   09:59 64 0 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Good Bye 2015, Welcome 2016
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Pesona Menakjubkan: Irwan Thahir Manggala - Dua agenda besar dalam satu paket sudah, sedang terus saya galakkan.Melepas tahun 2015 dan menyambut 2016. Saya hanya bisa bertahan untuk melakukan "presentasi" lepas sambut akhir dan awal tahun dengan audiens siswa di deda dengan berbekal bahan media cetak, buku bacaan dan internet.

Saya bertempat tinggal jauh dari kota Kabupaten Maros, sekitar 17 km. Saat ini sedang lagi musim hujan - dengan curah hujan yang cukup tinggi dan merata hingga ke Kota Makassar.Kondisi hujan sanghat berpengaruh dengan daya kerja saya mengatur bahan, termasuk dengan tertaganggunya jaringan internet. Belum lagi terjadi padam lampu yang tidak terjadwal.

Ungkapan berbahasa Inggris," Good Bye 2015, Welcome 2016" telah terekspos dikalangan siswa Madrasah Ibtidaiyah Darul Rasyidin kemarin (Senin 21/12/2015). Saya memanfaatkan dua ruang kelas disaat teman guru sedang rapat bahas evaluasi hasil belajar semester. Saya memperkuat singgungan momen lepas sambut dengan harus punya karya. Dua buku bacaan bernuansa agama Islam saya foto kopi menjadi bahan kerja siswa. Kumpulan tulisan bertulisan huruf Arab bisa memberi ruang untuk siswa dapat lebih mengekspresikan Al-Qur'an, Hadis, Kata Hikmah. Saya mendapatkan dukungan gambar, cara baca dalam bahasa Indonesia dan dilengkapi terjemahan.

Awalnya saya meninjau kelas III dan IV yang sudah menuliskan ayat  pendek Alquran dan ditempelkan di dinding kelas. Siswa senang dikunjungi dan didukung karya mereka. Saya sempat mencatat beberapa nama yang sekalgus memperrlihatkan karya menujnjukkan karya mereka yang tertempel di dinding kelas III: Fitri, Mutiara, Junita, Juniarti, Heriati, Arya, Kiki, dan Jumain. Saya mendampingi siswa untuk membaca bersama dari tulisan mereka yang tertempel.    

Siswa kelas IV lebih agresif lagi karena memang sudah berbekal singgungan belajar ala dokumen. Saya membagikan foto kopi secara gratis lembaran kertas bahan yang bersumber  ayat pendek Al-Qur'an, hadis, pepatah Arab(Mahfudhat), doa, kepada siswa kelas IV: Nadia, Yusuf, Fita, Muhtar, Indah, Riswan, Nuarafni, Miftah, Jumena. Saya mendapat kesan kalau siswa kelas IV masih lebih banyak belum tahu membaca Al-Quran. Bahan foto kopi itu itu bisa memicu untuk siswa mau belajar bahasa Arab. Hasil karya siswa diarahkan untuk ditempelkan didinding rumah.

Sesi terakhir saya masuki kelas II. Bebrapa nama siswa yang saya dapat: Agung, Tiara, Riski, Fita, Lija, Hajar, Daus, Lilis, Dian, Ayu, Reval, dan Jihan. Bahan foto kopi gratis untuk kelas II lain untuk kelas IV. Tulisan untuk kelas II semuanya hanya per kata, ada kosa kata bahasa Arab, benda atau binatang yang dituliskan dalam Bahasa Arab. Saya mendapatkan dukungan penuh saat di kewlas II karena barengan ikut beberapa kakak kelas bergabung: Agustiar(VI), Haekal(VI, Indra(VI), Nurul Ani (V), Nur(V), Reski(V), Juniarti(III), Mutiara(III, Jumain(III), Arya(III), Heri(III), Kiki(III), Junita(III), Nabila Putri(III).    

  

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x