Mohon tunggu...
Wati Anggraeni
Wati Anggraeni Mohon Tunggu... Love Laugh Law

FH UTM

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Rayuan Pulau Bawean

16 Agustus 2019   01:15 Diperbarui: 17 Agustus 2019   01:23 0 10 2 Mohon Tunggu...
Rayuan Pulau Bawean
Suasana Pulau Gili dari ketinggian

Sambil menyelam minum air, kiasan yang cocok bila dikaitkan dengan short trip yang saya lakukan. Bersama rombongan saya Tim Pengamat Sistem Pembayaran Non Tunai delegasi dari Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Timur, kami tergabung dalam Kegiatan GenBI Gesit Site Visit To Bawean. Secara administratif, Bawean masuk ke dalam wilayah Kabupaten Gresik Jawa Timur. 

Terletak 120 km sebelah utara Gresik lebih tepatnya di Laut Jawa, Bawean terbagi menjadi dua kecamatan dan kurang lebih ada 34 desa. Kecamatan Sangkapura terletak di bagian selatan Pulau Bawean berbatasan langsung dengan Laut Jawa dan terdiri dari 17 desa sedangkan Kecamatan Tambak berada di bagian utara Pulau Bawean dan terdiri dari 17 desa (sumber: Wikipedia). 

Selanjutnya mari simak pengalaman saya selama dua hari berada di sana!

Akses Menuju Bawean

Kamis, 8 Agustus 2019 saya dan rombongan berangkat sekitar pukul 5.00 WIB dari KPw BI Jatim di Surabaya menuju Pelabuhan Paciran Lamongan. Sebelumnya kami sudah memesan tiket kapal melalui tour guide yang memandu kami selama menjalani site visit

Untuk menuju Pulau Bawean ada tiga pilihan transportasi. Pertama ada kapal Gili Iyang yang berangkat dari Pelabuhan Paciran Lamongan  dengan rute Gresik Bawean dan berlabuh di Pelabuhan Sangkapura. Harga tiket Rp 58.000,- untuk anak-anak dan Rp 78.000,- untuk orang dewasa. 

Kapal Gili Iyang 8/8/2019
Kapal Gili Iyang 8/8/2019

Untuk tambahan barang/kendaraan yang dibawa menyeberang menyesuaikan dengan tarif yang sudah ditentukan. Menurut informasi, Gili Iyang beroperasi seminggu sekali dengan estimasi waktu perjalanan 8-10 jam tergantung kondisi dan cuaca saat penyeberangan. 

Kedua melalui Pelabuhan Gresik menaiki Kapal Express BlueJetSea dengan rute Gresik Bawean dan berlabuh di Pelabuhan Sangkapura. 

Perjalanan sekitar 3-4 jam dengan kisaran harga tiket mulai dari Rp 145.000,- untuk kelas ekonomi hingga Rp 165.000,- untuk VVIP. Ketiga saat ini juga dapat ditempuh dengan jalur udara menggunakan pesawat Air Fast dengan rute Surabaya Bawean menggunakan Bandara Harun Thohir di Kecamatan Tambak setiap hari Selasa, Rabu dan Kamis. Kisaran harga tiket pesawat ini antara Rp 200.000,- hingga Rp 400.000,-

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
KONTEN MENARIK LAINNYA
x