Politik

Hary Tanoe, Tokoh yang Konsisten Merawat Keberagaman Demi Kesejahteraan

14 Februari 2018   05:00 Diperbarui: 14 Februari 2018   05:15 787 4 2
Hary Tanoe, Tokoh yang Konsisten Merawat Keberagaman Demi Kesejahteraan
Sumber: Instagram.com (@PartaiPerindo)

"Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum". Begitulah bunyi pembukaan UUD 1945 alinea ke empat. Sebuah amanat yang amat singkat dan padat.

Sayangnya, di balik amanat UUD 1945 yang amat sangat sederhana ini, berbanding terbalik dengan kondisi yang terjadi dalam dekade terakhir ini. Banyak tokoh yang merasa dirinya paling nasionalis, pancasilais, tapi kelakuannya sangat miris. Membabat habis kelompok yang dianggapnya ekstirimis, radikalis dan fundamentalis. Ada pula tokoh yang mengaku moderat, tapi kerap menghujat orang yang tidak sependapat.

Tidak bisa ditawar lagi. Bahwa bangsa ini dimerdekaan bukan hanya untuk melindungi satu kelompok, golongan, agama dan etnis saja. Bukan pula untuk melindungi mayoritas dan minoritas, tapi dimerdekakan untuk melindungi semuanya. Ya, semua rakyat Indonesia. Tujuannya juga sudah jelas. Untuk memajukan kesejahteraan umum.

Maka, kesejahteraan bangsa ini akan sulit diwujudkan, bilamana masih saja terpecah-belah. Masih sibuk bertanya apa agamamu, darimana asalmu, dan apa etnismu. Kesejahteraan akan mudah dicapai jika semua elemen dapat menjaga keberagaman dengan baik, merawat tenun kebangsaan sebagaimana semboyan kita Bhinneka Tunggal Ika. Seharusnya, pertanyaan yang benar adalah, apa kontribusimu untuk bangsa Indonesia yang tercinta ini?

Berbicara soal menjaga keberagaman demi kesejahteraan, agaknya kita harus mencontoh apa yang selama ini dilakukan oleh Hary Tanoesoedibjo, Ketua Umum Partai Persatuan Indonesia (Perindo).

Anda boleh saja berspekulasi apapun tentang Hary Tanoe, namun yang pasti, kontibusinya dalam menjaga keberagaman untuk mewujudkan Indonesia sejahtera benar-benar nyata. Semangatnya tak pernah luntur meski cibiran, cercaan, makian bahkan fitnah terus berdatangan. Ia tak peduli. Yang ia pedulikan hanyalah bagaimana agar nasib masyarakat Indonesia bisa lebih baik, lebih produktif, naik kelas hingga akhirnya sejahtera.

"Persatuan Indonesia"  bukan hanya sekedar nama. Begitu pula dengan semboyannya "Untuk Indonesia Sejahtera". Ia bukan sekedar semboyan biasa. Di Partai Perindo, semuanya bersatu, bekerja dan berjuang bersama untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera. Dan selama ini perjuangan tersebut benar-benar telah terbukti.

Sumber: Instagram.com (@PartaiPerindo)
Sumber: Instagram.com (@PartaiPerindo)
Banyak masyarakat yang senang dan merasa terbantu dengan kehadiran Perindo. Mereka menaruh harapan baru dengan hadirnya Perindo. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya hasil survei belakangan ini. Hari demi hari, meski Partai Perindo masih seumur jagung, namun popularitas dan elektabilitasnya berhasil mengalahkan partai-partai lawas yang lebih dulu eksis di kancah perpolitikan nasional.

Sumber: Instagram.com (@hary.tanoesoedibjo)
Sumber: Instagram.com (@hary.tanoesoedibjo)
Hary Tanoe benar-benar telah berhasil menjadikan Partai Perindo menjadi partai yang konsisten menjaga amanat konstitusi. Partai yang selalu merawat tenun kebangsaan, keberagaman dan kebhinnekaan dalam bingkai NKRI.