Mohon tunggu...
Venansyus Waruwu
Venansyus Waruwu Mohon Tunggu... hidup bahagia adalah ungkapan kasih

Twitter@vensywar, Ig venansyus Waruwu, FB: vensy Waruwu, WA:Long life Education. Menulis adalah sarana kehidupan dalam dunia pendidikan.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Kita Beda tapi Memiliki Rasa yang Sama

12 Januari 2021   13:31 Diperbarui: 12 Januari 2021   13:33 64 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kita Beda tapi Memiliki Rasa yang Sama
dokumentasi pribadi

Keseruan bersama orang muda sesuatu hal yang harus didambakan. Karena orang muda adalah generasi yang terampil, kreatif dan mudah untuk di ajak. Oleh karena itu, orang muda mempunyai kesempatan untuk mengikuti kegiatan Rekoleksi di Pastoran Sirombu. 

Kegiatan ini salah satu kegiatan rapat kerja orang muda Katolik (OMK) Paroki Salib Suci Nias Barat. Pertemuan Rekoleksi ini di adakan sekitar dua hari saja, yakni hari Sabtu dan Minggu. Seusai tiba di Pastoran Sirombu di buka dengan ibadat sore yang dipimpin oleh Pastor Iayan, OSC.  

Orang muda Katolik bagaikan pelangi memiliki perbedaan warna akan tetapi sangat indah untuk dipandang. Kehadiran orang muda dalam gereja dapat memberikan warna-warni sehingga gereja itu indah dan menghidupkan suasana baru. 

Pastor Iayan, OSC mengajak orang muda untuk mendoakan penyesalan pada masa lalu. Masa lalu adalah suatu sejarah hidup yang tidak bisa dilupakan dan dapat membentuk kepribadian kita sampai saat ini. Sedangkan masa depan adalah suatu hal yang ingin dicapai. 

Memang kegiatan ini mengalami keseruan bersama, ingin berbagi pengalaman bagi teman-teman sebaya. Pengalaman yang telah dibagikan itu menjadikan inspirasi untuk memacu semangat baru dalam membentuk diri orang muda. Eh, rasanya "sama"sebagai orang muda tentu memiliki perasaan yang sama bagi temannya. Hal tersebut salah satu motivasi untuk memupuk semangat baru dalam melaksanakan kegiatan. 

Perbedaan warna bukan suatu hal yang lumrah dalam kehidupan bersama. Akan tetapi perbedaan suatu hal yang unik. Keceriaan orang muda mendapatkan suasana yang hidup. Pada akhirnya mereka semakin solid dan akrab. Keakraban dengan teman yang lain suatu hal yang paling di dambakan oleh orang muda. Karena berbagai rutinitas yang telah dijalani, terkadang mereka setres, galau, marah, jengkel. Untuk mengatasi hal tersebut senantiasa mereka diadakan suatu pertemuan untuk saling mengenal dengan yang lain, dengan adanya kegiatan rohani dapat dirasakan cinta Allah. 

Kebersamaan selama dua hari memiliki suatu makna yang dalam bagi saya. Di sana secara pribadi mengalami surga kecil. Saya bisa merefleksikan pribadiku sebagai orang muda bahwa saya masih bisa berada ditengah-tengah mereka. 

Pada akhirnya seorang teman OMK yang Bernama Novita Hia menyampaikan sebuah puisi yang begitu dalam maknanya. Dengan Judul "BEDA SATU TUJUAN", Artinya bahwa: "Aku dan kamu memang beda, tetapi aku tahu kita dapat menyatukan rasa..." Terimakasih puisinya semoga ke depan orang muda semakin solid dan akrab. 

Satu pesan moral yang hendak dipetik bahwa "Yakinlah, pada setiap tantangan dan perubahan yang kita hadapi, akan ada kebaikan kita bersama". 

Penulis Venansyus Waruwu

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x