Mohon tunggu...
Warlinah
Warlinah Mohon Tunggu... Lainnya - Manjadda Wajaddah

Warlinah, IRT

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Tips Mendalikan Ketakutan

10 Juni 2021   06:29 Diperbarui: 10 Juni 2021   06:46 116
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Pernah ga sahabat, anda merasa sangat ketakutan karena, memburuknya kesehatan anda?

Berbagai macam pikiran negatif yang berselancar da dalam benak.

Tahu kah sahabat ketakutan itu apa?

Takut adalah suatu sikap mempertahankan diri untuk dalam menanggapi kejadian yang menimpa, menghindari suatu tekanan, buat pola pikir

Rasa takut selalu hinggap dipikiran setiap manusia, rasa takut akan sesuatu akan menghalangi kita untuk bertindak.

Rasa takut dapat memblok langkah kita hingga berhenti di tengah jalan saat melakukan suatu pekerjaan.

Takut menurut Spielbarger, ketakutan adalah state anxiety yaitu suatu keadaan / kondisi emosional sementara pada diri seseorang yang ditandai dengan perasaan tegang dan khawatiran yang dihayati secara sadar serta bersifat subyektif.

sedangkan Davidoff mendefenisikan ketakutan sebagai sebuah sindrom psiatris yang dapat diamanti dan terjadi sangat kuat

Kemarin ketika saya sakit, yang membuat saya terbaring lemas, kuat dugaan jika penyakit yang saya derita adalah covid, semau gejala telah saya rasakan, yang diawali dengan nyeri sekucur tubuh, sakit tenggorokan, sesak nafas, hilang pencuiman, Indra perasa juga tidak berfungsi sebagaimana mestinya, demam disertai batuk berdahak.

Segala macam obat anti nyeri tidak berefek di tubuh, namun saya tidak takut dengan kondisi saya saat itu, saya percaya bahwa apa yang terjadi telah ditentukan oleh yang Kuasa, untuk menghapus dosa-dosa saya.

Saya tidak terpuruk, saya berusaha membangkitkan semangat dalam diri saya untuk sembuh, selalu berpikir positif, berzikir walau dalam kondisi lemah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun