Mohon tunggu...
Widya Astuti Ridwan
Widya Astuti Ridwan Mohon Tunggu... Wadot Me

Limit

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Mengabdi pada Masyarakat di Situasi Pandemik COVID-19

30 Juni 2020   22:24 Diperbarui: 30 Juni 2020   22:27 3 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengabdi pada Masyarakat di Situasi Pandemik COVID-19
dok.mahasiswa

Bandung, Juni 2020 - Sejak diumumkannya Pandemik COVID-19 yang sudah mewabah ke Indonesia sejak Februari 2020 lalu, membuat segala aktivitas yang ada di Indonesia terpaksa banyak yang dikurangi bahkan ditiadakan. Segalanya jadi dibuat serba dirumah, namun tidak semuanya bisa melakukan itu. Selain itu juga, banyaknya warga di indonesia yang masih belum mengindahkan anjuran atau protokol kesehatan untuk mencegah meluasnya penyebaran virus COVID-19. 

Universitas Pendidikan Indonesia melalui Lembaga Penelitan dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) UPI tidak ingin diam saja dalam menanggulangi permasalahan COVID-19 ini, maka dengan itu melalui surat edaran dari Rektor, UPI akan turut andil dalam pencegahan ini melalui program Kuliah Kerja Nyata Tematik Pencegahan COVID-19. 

Meskipun semua mahasiswa akan terbatas dengan pergerakannya karena tidak bisa terjun langsung kelapangan, tetap bisa memberikan edukasi dan mengabdi untuk wilayah sekitar tempat tinggalnya. Mahasiswa diberi pilihan sesuai dengan kesanggupannya untuk melaksanakan KKN ini di tingkat RT, RW ataupun Kelurahan.

Program yang diselenggarakannya sendiri terdiri dari 3 program unggulan yaitu program pendataan penduduk yang terkait dengan pencegahan COVID-19 dimana mahasiswa mendata seberapa banyak masyarakat yang berstatus ODP, PDP bahkan Positif COVID-19 ini. Kemudian yang kedua adalah program edukasi siswa TK/PAUD s.d SMA/SMK melalui daring. Terakhir adalah program edukasi kepada masyarakat terkait dengan pencegahan COVID-19 secara daring.

KKN pada Masa Pandemik ini juga menantang mahasiswanya untuk senantiasa berperan aktif dan kreatif dalam memanfaatkan media digital dsebagai media edukasi untuk masyarakat. "KKN ini bagus sekali apabila bisa dilaksanakan pada masa pandemik ini apalagi untuk warga yang belum paham betul tentang COVID-19," Ujar Pak Wawan selaku Ketua RT 02/09 Kelurahan Cipageran, Kota Cimahi. "Ade-ade bisa berkreasi sesuai dengan situasi tempat ade-ade tinggal," Ujar Bu Linda selaku salah satu Dosen Pembimbing Lapangan kelompok KKN mahasiswa UPI.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x