Mohon tunggu...
Hendra Wardhana
Hendra Wardhana Mohon Tunggu... Administrasi - soulmateKAHITNA

Anggrek Indonesia & KAHITNA | Kompasiana Award 2014 Kategori Berita | www.hendrawardhana.com | wardhana.hendra@yahoo.com | @_hendrawardhana

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

5 Profesi Baru untuk Ferdy Sambo Setelah Tak Jadi Polisi

20 September 2022   08:28 Diperbarui: 20 September 2022   08:31 531 15 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ferdy Sambo (youtube kompas tv).

Tak ada lagi jenderal polisi bernama Ferdy Sambo. Tersisa Ferdy Sambo, seorang tersangka dan otak pembunuhan berencana yang merenggut nyawa seorang polisi.

Itu setelah sidang Komisi Kode Etik dan Profesi Polri pada Senin (19/9/2022) menolak banding yang bersangkutan. Ia pun resmi diberhentikan tidak dengan hormat sebagai anggota polri.

Menurut Humas Polri, proses dan pemberkasan administrasi pemecatannya akan selesai dalam 3 hingga 5 hari. Dengan kata lain, mulai pekan depan Ferdy Sambo bukan lagi seorang polisi. Ia akan sama dengan bapak-bapak warga sipil pada umumnya. Bedanya ia harus memulai status barunya dari dalam kurungan.

Walau demikian, sebagian keistimewaan diyakini akan tetap dimiliki oleh Pak Ferdy Sambo. Ada banyak upaya yang memungkinkannya lolos dari jerat hukuman terberat. Bagaimana pun, dua bintang yang pernah ada di pundaknya punya kekuatan dan pengaruh yang bertahan lama.

Ia memang dipecat dari kepolisian dan rasanya itu "sudah cukup". Tak ada hukuman mati atau seumur hidup baginya. Ia kemungkinan hanya menjalani beberapa tahun di penjara. Selanjutnya ia akan kembali ke tengah masyarakat.

Dalam hal ini Pak Ferdy Sambo tidak perlu khawatir terhadap masa depan dan pandangan masyarakat.  Sudah barang tentu orang Indonesia sangat pemaaf dan mudah melupakan. Jika kepada koruptor saja masyarakat Indonesia masih memberikan rasa hormat, maka bagi pelaku pembunuhan orang Indonesia juga akan mudah memaafkan.

Oleh karena itu, usai menyelesaikan hukumannya nanti, Pak Ferdy Sambo tetap bisa menjalani hari-harinya seperti warga pada umumnya. Ia tetap bisa berperan di tengah masyarakat melalui berbagai jenis pekerjaan dan profesi.

Setidaknya ada 5 profesi yang bisa dipilih untuk dijalani oleh Ferdy Sambo di masa mendatang.

Pertama, mendirikan biro jasa pengurusan STNK. 

Nama besar Ferdy Sambo meski tidak lagi menjadi polisi pasti masih akan dikenali oleh banyak aparat dan petugas. Pengaruhnya masih ada. Koneksinya dan pertemanannya` akan tetap terjaga.

Semua itu merupakan keuntungan dan berkah bagi Pak Ferdy Sambo yang sayang jika tidak dimanfaatkan. Salah satunya untuk membangun bisnis biro pengurusan surat kendaraan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan