Mohon tunggu...
Hendra Wardhana
Hendra Wardhana Mohon Tunggu... Administrasi - soulmateKAHITNA

Anggrek Indonesia & KAHITNA | Kompasiana Award 2014 Kategori Berita | www.hendrawardhana.com | wardhana.hendra@yahoo.com | @_hendrawardhana

Selanjutnya

Tutup

Raket Artikel Utama

Telah Lahir "Minionswati", Jagoan Baru Ganda Putri

4 Juli 2022   12:02 Diperbarui: 5 Juli 2022   07:35 1233 12 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Apriyani/Siti di podium tertinggi Malaysia Open 2022 (foto: PBSI).

Agresif, bertenaga, dan pantang menyerah. Apriyani Rahayu/Siti Fadia telah mengirim ucapan "salam kenal" sebagai jagoan baru dari Indonesia. Baru 3 bulan dipasangkan, "minionswati" segera menebar ancaman dan siap mengusik kemapanan para ganda putri  elit dunia.

Malaysia Open Super 750 menjadi kampanye yang megah bagi pasangan anyar Indonesia tersebut. Mengalahkan sesama pasangan muda asal Tiongkok Zhang Shu Xian/Zheng Yu lewat pertandingan ketat 3 game, Apri/Siti merengkuh podium tertinggi pada partai final yang berlangsung Minggu, 3 Juli 2022.

Kemenangan Apri/Siti di Axiata Arena tersebut sangat bersejarah. Sebab terakhir kali ganda putri Indonesia merengkuh gelar Malaysia Open terjadi pada 1967 lewat Retno Kustijah/Minarni. Butuh 55 tahun untuk menunggu sejarah itu berulang.

Salam Perkenalan

Bagi Apri/Siti juara Malaysia Open menjadi gelar world tour pertama mereka. Sekaligus menjadi salam perkenalan mereka untuk siap bersaing di level tertinggi.

Salam perkenalan perkenalan yang sebenarnya sudah mulai ditebar ketika merebut medali emas pada Sea Games di Vietnam, Mei lalu. Pada pesta olahraga se-Asean tersebut Apri/Siti berhasil mengalahkan dua ganda putri terbaik Thailand yang salah satunya merupakan pasangan peringkat 8 dunia, Jongkolphan/Rawinda.

Debut emas di Sea Games berlanjut di Indonesia Master 2022. Mereka menjejak final dan berhasil menjadi runner-up. Sepekan kemudian di level yang lebih tinggi Indonesia Open Super 1000, Apri/Siti berhasil sampai di perempat final.

Meski belum menjadi juara, saat itu Apri/Siti mengejutkan arena karena berhasil mengalahkan sejumlah pasangan mapan yang lebih tinggi peringkatnya. Termasuk ganda putri Jepang yang selama ini menjadi momok bagi ganda putri Indonesia.

Kejutan yang tidak sekadar keberuntungan. Sebab di Malaysia Open, Apri/Siti kembali menaklukkan pasangan-pasangan elit lainnya. Termasuk sang juara dunia sekaligus peringkat 1 dunia Chen Qingchen/Jia Yifan asal Tiongkok yang dibuat bertekuk lutut di perempat final.

Dengan demikian dalam rentang waktu 3 bulan Apri/Siti telah menundukkan setidaknya 6 pasangan ganda putri di jajaran 10 besar dunia. Sebuah salam perkenalan istimewa dari Apri/Siti.

Minions versi Ganda Putri?

Dua ganda terbaik Jepang, Matsu/Nagahara dan Nami/Shida yang berturut-turut dikalahkan oleh Apri/Siti menyebut bahwa permainan pasangan baru Indonesia cukup mengagetkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Raket Selengkapnya
Lihat Raket Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan