Mohon tunggu...
Hendra Wardhana
Hendra Wardhana Mohon Tunggu... Administrasi - soulmateKAHITNA

Anggrek Indonesia & KAHITNA | Kompasiana Award 2014 Kategori Berita | www.hendrawardhana.com | wardhana.hendra@yahoo.com | @_hendrawardhana

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Diari Isoman 8: Sudah Negatif, tapi Masih Dibuat Repot

20 September 2021   08:22 Diperbarui: 20 September 2021   08:26 102 8 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Alat kebersihan setelah Isoman (dok.pribadi).

Menyelesaikan isolasi mandiri selama 15 hari sangat saya syukuri. Paling tidak perang melawan virus di dalam tubuh bisa dicukupi. Kesehatan bisa saya nikmati kembali meski pemulihan membutuhkan waktu lagi.

Bagi saya salah satu langkah pertama yang penting dilakukan setelah menyelesaikan isoman bukanlah keluar untuk beraktivitas seperti sedia kala. Melainkan membersihkan rumah. Sebab jejak virus mungkin telah tersebar di berbagai penjuru ruangan dan menempel di banyak benda. Bukan hanya di dalam kamar tempat saya mengisolasi diri, tapi juga ada di ruangan-ruangan lain.

Sebenarnya sudah dari sejak awal isoman saya rutin membersihkan ruangan dan benda-benda di dalamnya. Setiap pagi saya melakukan disinfeksi kamar tidur dan kamar mandi. Jendela-jendela selalu saya buka. Lantai pun dibersihkan secara berkala.

Walau demikian sebagai orang yang positif Covid-19, aktivitas saya di dalam ruangan sangat mungkin menimbulkan kontaminasi di lebih banyak bagian yang tidak saya sadari. 

Selain itu kegiatan bersih-bersih selama isolasi mandiri juga tidak bisa dilakukan secara maksimal karena saya sering merasa kelelahan. Akibatnya ketika baru mengepel setengah ruangan saya memutuskan berhenti sehingga ada bagian ruangan yang belum sempat dibersihkan sama sekali.

Maka menyudahi isoman menjadi kesempatan untuk melakukan agenda bersih-bersih secara lebih maksimal.

Mencuci sampai Menyemprot

Seperti saya singgung di awal, jejak kontaminasi saya selama positif Covid-19 ada di banyak ruangan. Selama isolasi mandiri saya tidak hanya mengurung diri di kamar. 

Selain beraktivitas di dapur, saya menonton TV di ruangan tengah. Berjemur di halaman samping serta sesekali keluar teras untuk mengambil paket atau hantaran.

Oleh karena itu pilihan terbaik ialah membersihkan semua ruangan yang ada di rumah. Sejumlah benda yang sering digunakan atau disentuh juga wajib dibersihkan.

Sudah tentu kegiatan bersih-bersih akan melelahkan. Namun, itu perlu dilakukan oleh pasien Covid-19 yang baru menyelesaikan isolasi mandiri. Oleh karenanya begitu hasil tes antigen menyatakan saya telah negatif Covid-19, saya segera mengumpulkan peralatan pribadi yang digunakan selama isoman.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan