Mohon tunggu...
Hendra Wardhana
Hendra Wardhana Mohon Tunggu... soulmateKAHITNA

Anggrek Indonesia & KAHITNA | Kompasiana Award 2014 Kategori Berita | www.hendrawardhana.com | wardhana.hendra@yahoo.com | @_hendrawardhana

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

4 Sehat, 5 Kojima

4 Mei 2021   20:26 Diperbarui: 4 Mei 2021   21:10 348 5 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
4 Sehat, 5 Kojima
Kojima | dok. pribadi.

Menjaga kondisi tubuh sangat penting. Termasuk saat sedang berpuasa. Apalagi, puasa pada Ramadan 2 tahun terakhir dijalani di tengah situasi darurat kesehatan akibat pandemi Covid-19 sehingga tantangan yang dihadapi lebih besar.

Oleh karena itu, perlu siasat yang lebih cermat dalam menjaga tubuh. Tujuannya agar puasa tetap lancar serta tubuh semakin terlindungi dari ancaman Corona.

Saya bersyukur tahun ini bisa berpuasa dengan kondisi yang lebih sehat dan fit. Alhamdulillah puasa masih terjaga dan belum putus sepanjang 20 hari yang sudah berlalu.

Kuncinya ialah disiplin mengupayakan kesehatan dengan menerapkan sejumlah cara. Belajar dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, lalu diperkuat dengan kewaspadaan terhadap ancaman virus Corona, saya menerapkan 4 langkah sehat ditambah 1 penyempurna yang lengkap.

Disiplin Protokol Kesehatan

Sehat yang pertama ialah tidak ada tawar menawar dengan protokol kesehatan. Ini merupakan hal penting yang mesti diterapkan dengan sungguh-sungguh agar tubuh lebih terjaga dari ancaman Corona.

Kita tahu bersama korban meninggal dunia dan kasus infeksi Covid-19 terus bertambah. Varian-varian mutan pun bermunculan yang membawa indikasi virus Corona semakin mudah menular.

Jangan lupa masker dan hand sanitizer |dok. pribadi.
Jangan lupa masker dan hand sanitizer |dok. pribadi.
Sementara sejumlah kasus membuktikan bahwa penularan Covid-19 bisa terjadi di mana saja tanpa disadari oleh mereka yang terjangkit. Orang-orang yang sebelumnya sehat, bugar, dan tak pernah sakit, tiba-tiba terinfeksi Covid-19 sampai harus menjalani perawatan. Itu merupakan isyarat bahwa perlu upaya setingkat lebih tinggi dari kebiasaan sebelumnya serta sikap yang jauh lebih waspada dari setiap orang untuk menjaga kesehatan.

Mulailah dengan disiplin menggunakan masker, rajin membersihkan tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas. Setiap hari saya menekankan hal itu secara lebih keras pada diri sendiri.

Stok masker selalu tersedia dan digunakan semestinya. Hand sanitizer selalu saya bawa ke manapun pergi dan menyiapkannya di berbagai tempat di mana saya biasa beraktivitas. Mencuci tangan saya lakukan sesering mungkin selama ada kesempatan. Demikian pula beraktivitas dalam keramaian yang sebisa mungkin saya hindari.

Makanan yang Seimbang

Sehat yang kedua ialah mengkonsumsi makanan bergizi yang diimbangi dengan minum yang cukup. Makanan dan minuman memiliki peran yang vital dalam membentuk kekebalan tubuh. Sebab vitamin, mineral, dan unsur pembangkit energi terkandung dalam makanan dan minuman.

Oleh karena itu, salah satu cara terbaik untuk menjaga tubuh sekaligus memperkuat daya tahannya ialah dengan memperhatikan makanan dan minuman yang kita konsumsi. Dua liter air putih masih yang terbaik untuk mencukupi kebutuhan cairan. Sedangkan pilihan makanan lebih beragam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x