Mohon tunggu...
Hendra Wardhana
Hendra Wardhana Mohon Tunggu... Administrasi - soulmateKAHITNA

Anggrek Indonesia & KAHITNA | Kompasiana Award 2014 Kategori Berita | www.hendrawardhana.com | wardhana.hendra@yahoo.com | @_hendrawardhana

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Penimbun dan Spekulan Hand Sanitizer Pasti Nangis Melihat Ini

13 April 2020   08:24 Diperbarui: 13 April 2020   08:25 900
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hand sanitizer kemasan sachet murah (dok. pri).

Lonjakan tinggi harga alat pelindung diri (APD), termasuk hand sanitizer terjadi selama sebulan terakhir. Keberadaannya langka akibat ulah penimbun dan spekulan. Kabar baik, hal itu kini mulai bisa dikendalikan. Hand sanitizer dengan harga normal semakin tersedia.

Ceritanya bermula pada Kamis (9/4/2020) pagi. Ketika itu saya memutuskan untuk memenuhi beberapa kebutuhan dengan belanja daring melalui aplikasi Blibli.

Bisa dikatakan marketplace ini sebenarnya jarang saya kunjungi. Baru sekitar empat kali saya belanja di Blibli. Biasanya belanja daring saya lakukan lewat Bukalapak, Tokopedia, atau Shopee. Itu pun kebanyakan buku yang saya beli.

Namun kali ini saya memilih Blibli setelah semalam sebelumnya membaca informasi di aplikasi Gojek tentang diskon belanja dengan Gopay di Blibli. Saya pikir tak ada salahnya mencoba memenuhi kebutuhan dari Blibli menggunakan sisa saldo Gopay. 

Apalagi semenjak darurat kesehatan masyarakat akibat pandemi Covid-19 yang diikuti gerakan #dirumahaja, saya sudah beberapa kali belanja daring.

Lalu apa yang hendak saya beli? Kebutuhan penunjang kebersihan harian seperti sabun mandi, shampoo, dan deterjen masih sangat cukup. Kebutuhan pokok seperti gula, teh, dan sebagainya juga belum habis. Namun, saya perlu menyiapkan makanan ringan, cemilan atau pendamping sarapan. Pilihannya tidak jauh-jauh dari biskuit dan sereal.

Paket belanja saya dari Blibli, salah satunya Antis hand sanitizer kemasan sachet (dok. pri).
Paket belanja saya dari Blibli, salah satunya Antis hand sanitizer kemasan sachet (dok. pri).
Ternyata saya bisa menemukan harga yang cukup murah. Lebih murah dibanding harga di supermarket langganan. Padahal supermarket langganan saya dikenal sebagai yang paling murah di Yogyakarta. Akan tetapi rupanya ada yang lebih murah lagi di toko daring ini. 

Lokasi toko atau penjualnya ada di Bandung. Tidak menjadi soal saya harus menunggu beberapa hari untuk pengiriman. Lagipula harganya murah, gratis ongkos kirim, dan masih ditambah diskon. Jadi, selain hemat waktu karena tak perlu buru-buru ke supermarket juga menekan pengeluaran.

Untungnya lagi beberapa kebutuhan yang saya cari tersedia di satu toko ini sehingga saya tak perlu berselancar lama untuk menjelajahi beberapa penjual. Reputasi sang penjual juga cukup baik. Terlihat dari lencana "bintang emas" yang disematkan di belakang nama tokonya.

Mengetahui toko atau penjual tersebut menyediakan banyak kebutuhan harian dengan harga murah, saya tertarik untuk mengurutkan produk yang ditawarkannya berdasarkan harga terendah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun