Mohon tunggu...
Hendra Wardhana
Hendra Wardhana Mohon Tunggu... Administrasi - soulmateKAHITNA

Anggrek Indonesia & KAHITNA | Kompasiana Award 2014 Kategori Berita | www.hendrawardhana.com | wardhana.hendra@yahoo.com | @_hendrawardhana

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Hentikan Kecurangan Indosat Ooredoo yang Sering Mencuri Pulsa

9 Maret 2018   09:19 Diperbarui: 9 Maret 2018   09:53 37043
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Aplikasi MyIM3 dari Indosat Ooredoo (dok. pri).

Setia itu berat, apalagi pada Indosat. Sejak 2005 saya menggunakan layanan komunikasi Indosat dengan nomor Mentari 081542XXXXXX. Sepanjang 13 tahun bertahan dengan nomor tersebut aneka rupa kesan saya rasakan, secara umum cukup baik.

Namun, semenjak nama Indosat berubah menjadi Indosat Ooredoo atau IM3Ooredoo, banyak pengalaman tidak mengenakkan saya dapatkan dari operator ini. Menurunnya kualitas internet dan jaringan komunikasi, hingga pencurian pulsa oleh operator dengan berbagai modus tampak mencolok pada Indosat Ooredoo. Terakhir, dalam 3 (tiga) bulan berturut-turut saya menjadi korban praktik curang yang dilakukan oleh Indosat Ooredoo.

Modus kecurangan yang saya alami adalah penghilangan kuota internet yang masih berlaku, pengenaan tarif internet perKb disertai pemotongan pulsa, hingga pengambilan pulsa melalui pengiriman sms tertenty yang tidak pernah saya kehendaki.

Perilaku Indosat Ooredoo yang berulang kali melakukan menghilangkan pulsa membuat saya semakin tidak nyaman dan sangat kecewa. Bukannya memberikan rewards dan kemudahan bagi pelanggan lama, Indosat Ooredoo justru konsisten mencurangi pelanggannya.

Beberapa tanggapan di twitter atas kejadian hilangnya pulsa dan kuota internet Indosat yang saya alami pada 31 Januari 2018 (dok. pri).
Beberapa tanggapan di twitter atas kejadian hilangnya pulsa dan kuota internet Indosat yang saya alami pada 31 Januari 2018 (dok. pri).
Berikut ini bentuk pengalaman buruk yang telah dihadirkan oleh Indosat Ooredoo kepada saya dari bulan Januari hingga Maret 2018. Kemungkinan besar modus kecurangan yang sama menimpa para pelanggan Indosat yang lain.

Pertama, terjadi pada 31 Januari 2018. Saat sedang berselancar di smartphone sebuah sms saya terima. Isinya pulsa saya dipangkas Rp10200 sebagai biaya internet perKB. Tentu saja saya merasa kaget karena saya memiliki kuota internet Freedom dari paket yang saya daftarkan pada 12  Januari 2018. Saat itu kuota masih aktif (sampai 11 Februari 2018) dengan sisa yang lebih dari 2 GB.

Merasa dirugikan sekaligus curiga, saya segera membuka aplikasi MyCare/MyIM3 untuk memeriksa kuota internet. Saya sangat terkejut saat kuota internet saya tiba-tiba sudah hilang seolah-olah saya tidak terdaftar dalam paket Freedom. Pulsa pun tersisa Rp57.710.

Saat itu juga saya mengajukan keberatan melalui customer care Indosat Ooredoo di twitter, baik melalui cuitan maupun mengirimkan direct message (DM). Keluhan saya tersebut baru ditanggapi 3 hari kemudian yaitu pada 2 Februari 2018 setelah banyak pengguna twitter yang merespon cuitan saya dan menyebutkan pengalaman yang serupa. 

Kuota internet saya yang tiba-tiba hilang dan dikenakan biaya perKB pada 31 Januari 2018. Indosat Ooredoo akhirnya meminta maaf dan memulihkan pulsa beserta kuota internet saya (dok. pri).
Kuota internet saya yang tiba-tiba hilang dan dikenakan biaya perKB pada 31 Januari 2018. Indosat Ooredoo akhirnya meminta maaf dan memulihkan pulsa beserta kuota internet saya (dok. pri).
Anehnya, menurut Indosat Ooredoo saya tidak pernah terdaftar dalam paket internet apapun. Tentu saja saya menyanggah klaim tersebut. Melalui diskusi dan debat dengan customer care Desi dan Dede, saya menunjukkan sederet bukti dan kronologi hilangnya kuota internet dan pemotongan pulsa yang dilakukan oleh Indosat Ooredoo. 

Tanggal 3 Februari 2018 Indosat Ooredoo memohon maaf, mengembalikan pulsa, serta mengaktifkan lagi paket internet Freedom pada nomor 081542XXXXXX milik saya.

Kedua,hilangnya pulsa terjadu lagi beberapa hari kemudian, tepatnya pada 21-22 Februari 2018. Kali ini saya mendapat sederet sms berisi informasi tertentu secara berulang. Awalnya saya mengabaikan sms-sms tersebut. Akan tetapi saat memeriksa pulsa dan mendapati pulsa saya telah berkurang sejak mendapat sms-sms tersebut, saya menganggap pengiriman sms beruntun oleh Indosat Ooredoo telah merugikan saya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun