Mohon tunggu...
Wardatun Mustachiroh
Wardatun Mustachiroh Mohon Tunggu... Islamic education '19 PPTQ almunawwar

Terus melangkah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pentingnya Perencanaan Pembelajaran PAI Selama Pelajaran Daring

11 April 2021   23:55 Diperbarui: 11 April 2021   23:58 71 0 0 Mohon Tunggu...

Dalam melakukan setiap kegiatan apapun kita perlu merencanakannya agar mempunyai gambaran dan bisa memanajemennya. Seperti halnya pembelajaran juga perlu adanya perencanaan agar semua kegiatan berjalan dengan baik. Dan juga guru bisa memahami peranannya dan tugas-tugas yang harus dicapai siswa untuk berkembang dan belajar.

Sedangkan pengertian dari perencanaan pembelajaran adalah suatu proses penyusunan materi pembelajaran, penggunaan metode pembelajaran, penggunaan media pembelajaran yang akan dilaksanakan pada masa satu semester agar tujuan pembelajaran bisa terwujud.

Pandemi Covid-19 saat ini banyak memberikan dampak dalam kehidupan sehari-hari . Terutama dalam sistem pendidikan yang secara langsung menuntut semua peserta didik baik dari TK sampai jenjang perkuliahan untuk melakukan kegiatan pembelajaran secara daring. Tentu ini menjadi sebuah tantangan bagi pendidik bagaimana menciptakan kegiatan pembelajaran secara efektif walaupun dalam bentuk pembelajaran daring.

Dalam pembelajaran daring ini juga sangat diperlukan melakukan perencanaan pembelajaran sebagai langkah awal pelaksanaan pembelajaran. Berikut pentingnya perencanaan pembelajaran PAI selama pelajaran daring :

1)Kegiatan belajar mengajar akan lebih sistematis

Dengan adanya perencanaan pembelajaran, guru bisa memilih metode pembelajaran daring yang efektif atau bisa melakukan variasi model pembelajaran agar peserta didik tidak merasa jenuh. Sehingga akan tercapainya kegiatan belajar mengajar yang sistematis.

2)Guru menjadi mudah menyampaikan materi

Dengan adanya perencanaan pembelajaran, guru bisa memprediksi dalam sebuah materi, bisa diselesaikan dalam berapa kali pertemuan. Apabila ada ketidakcocokan penyampaian materi atau kekurangan waktu sehingga belum disampaikan , guru bisa mencari dimana sebaiknya materi tersebut disampaikan

3)Menghemat waktu dan tenaga

Guru tidak perlu memikirkan model, metode, maupun sumber belajar yang akan digunakan dalam pembelajaran. Sehingga bisa menghemat waktu dan tenaga. Dengan adanya perencanaan pembelajaran, guru bisa menentukan apa saja yang dibutuhkan ketika menyampaikan materi ajarannya.

4)Memudahkan analisis keberhasilan belajar siswa

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN