wardani olive
wardani olive freelancer

Sedang mencoba untuk mengamati keadaan Indonesia agar pemikiran menjadi terbuka.

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Rupiah Menguat Akibat Pembangunan Ekonomi Pemerintah

9 Januari 2019   09:50 Diperbarui: 9 Januari 2019   10:05 329 0 0

Kabar gembira dari Kemenkeu. Rupiah kembali menguat terhadap Dollar AS. Hal ini patut diapresiasi agar tidak hanya saat Rupiah menurun saja baru menjerit dan ketika Rupiah menguat tidak bersorak.

Saat ini, nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (AS) terus mengalami penguatan dalam beberapa waktu terakhir. Rupiah hari ini dibuka pada level Rp 14.059 per USD menguat jika dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebesar Rp 14.082 per USD.

Ekonom Maybank Myrdal Gunarto mengatakan, penguatan rupiah didorong oleh foreign money inflow seiring dengan aksi investor global yang kembali masuk ke pasar keuangan negara berkembang.

Foreign money inflow tersebut, dijelaskan Gunarto, yang menawarkan imbal hasil menarik serta valuasi bagus dengan latar belakang ekonomi yang cukup stabil dan solid.

Berdasarkan hasil wawancara Merdeka.dom (8/1/19) kepada Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, bahwa pemerintah masih akan melihat sejauh mana dampak penguatan Rupiah terhadap Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Meski demikian, dia menegaskan, tidak hanya Rupiah yang memberi pengaruh terhadap APBN.

Menkeu Sri menjelaskan, dinamika terhadap ekonomi tidak hanya dilihat dari fluktuasi kurs. Tetapi dari sisi kondisi ekonomi dunia, perang dagang, di mana kesemuanya harus disimak dan diperhitungkan.

Kepercayan investor terhadap saham Indonesia juga mempengaruhi penguatan Rupiah terhadap Dollar AS. Kepercayaan investor terhadap prospek ekonomi Indonesia, dianggap karena faktor pelaksanaan kas keuangan negara sepanjang 2018 yang menunjukkan performa positif.

Rupiah menguat hari ini tentunya merupakan hasil upaya dari pemerintah terhadap pembangunan ekonomi Indonesia. Hal ini perlu sedikit apresiasi dari masyarakat agar pemerintah tetap semangat dalam bekerja untuk pembangunan ekonomi Indonesia dan Indonesia menjadi negara maju.

Jika rupiah menguat maka akan berdampak pada APBN dan perdagangan domestic yang bersifat positif. Masyarakat pun dapat turut serta membantu pemerintah agar rupiah semakin menguat yakni dengan mencintai produk lokal  dan membangun UMKM, sehingga masyarakat menengah dapat memiliki kehidupan yang layak dan berkecukupan.

Rupiah menguat dan APBN menjadi stabil tentunya pemerintah tetap menjaga agar rupiah terus menguat terhadap Dollar. Pemerintah pun tetap waspada dan terus memantau pergerakan perdagangan global sehingga dapat mengambil langkah bijak dalam setiap situasi dan kondisi.