Mohon tunggu...
Wara
Wara Mohon Tunggu... Love God, Love Myself, Love Others

Seseorang yang suka membaca, travel dan pengalaman baru

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Google Scholar: Sumber Referensi Ilmiah Online Terpercaya

21 Juni 2020   11:47 Diperbarui: 21 Juni 2020   13:31 56 3 1 Mohon Tunggu...

Mahasiswa di belahan dunia manapun akan menyusun karya tulis ilmiah untuk pemenuhan syarat lulus. Sering kali yang menjadi kendala adalah kurangnya referensi yang mendukung karya tulis yang dilakukan. Tulisan blog, atau web dengan akhiran selain .gov, .ac, ac.id biasanya ditolak sebagai referensi untuk karya tulis ilmiah.  

Google memiliki fitur yang mempermudah untuk mendapatkan referensi ilmiah. Fitur itu bernama Google Scholar dalam Bahasa Google cendekia.

Google Scholar ini menampilkan hasil publikasi ilmiah berupa jurnal ilmiah atau artikel ilmiah. Tentunya  ini diakui sebagai sumber referensi ilmiah untuk  penulisan karya tulis ilmiah.

Memanfaatkan fitur ini juga mudah:

  • Buka browsing engine seperti Chrome, Firefox, Microsoft Edge dll sesuai yang dimiliki.
  • Tulis kata kunci Google Scholar atau jika dalam Bahasa Indonesia Google Cendekia.
  • Setelah terbuka, tulis kata kunci materi yang akan dicari, apabila dalam Bahasa Inggris maka jurnal yang muncul bisa dari dalam negeri atau luar negeri yang memakai Bahasa Inggris, tetapi jika kata kunci ditulis dalam Bahasa Indonesia maka yang keluar adalah jurnal  dari dalam negeri.
  • Jika sudah akan muncul pilihan, urutan paling atas  biasanya yang paling banyak dicari, silakan pilih yang benar -- benar sesuai tidak harus urutan paling atas.
  • Jika artikel tersebut dalam bentuk pdf biasanya akan langsung terdownload apabila tidak akan diarahkan ke web di mana artikel tersebut berasal.
  • Tulisan cited by menunjukkan banyaknya artikel tersebut disitasi atau diambil orang untuk referensi.
  • Tulisan Related article akan mengarahkan ke artikel serupa bisa jadi bahan referensi tambahan.
  • Gambar apostrop  (") besar  dibawah sejajar dengan tulisan Cited by diklik akan memunculkan cara penulisan daftar pustaka artikel bersangkutan beberapa versi, yang paling banyak digunakan biasanya penulisan daftar pustaka APA (American Pyschological Asssociation). Tinggal blok dan copy. Ini memudahkan penulisan daftar pustaka.

 Selamat mencoba !

VIDEO PILIHAN