Mohon tunggu...
Kris Wantoro Sumbayak
Kris Wantoro Sumbayak Mohon Tunggu... Guru - Pengamat dan komentator pendidikan, tertarik pada sosbud dan humaniora

dewantoro8id.wordpress.com • Tak limpah materi, tapi membeli buku. Tak pintar, maka terus membaca.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Baru Dua Minggu Tatap Muka Harus Kembali Online, Harus Bagaimana?

3 Agustus 2022   13:25 Diperbarui: 3 Agustus 2022   13:28 143 13 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Asiknya melakukan pembelajaran tatap muka | dokumentasi pribadi

Yang sanggup bertahan bukanlah yang paling kuat, melainkan yang paling adaptif

Aku menyukai kutipan di atas. Konon, dinosaurus (kalau memang benar pernah hidup di bumi) hewan raksasa terkuat justru tidak sanggup bertahan hidup dari hujan meteor jutaan tahun lalu. 

Kuncinya bukan seberapa kuat, tapi seberapa mampu beradaptasi (adaptif).

Proses Belajar Mengajar di era pandemi Covid-19 juga memerlukan kemampuan adaptif. Situasi tak terduga, perubahan yang mendadak dan frekuensinya tinggi, ancaman pada kesehatan fisik, kesehatan mental, perekonomian dan di banyak bidang lain; semuanya memerlukan keterampilan adaptif.

Baru dua minggu dilakukan PBM tatap muka penuh, baru menikmati ritme yang baru, tetiba murid-murid di sekolahku harus kembali belajar online sebab ada anak yang positif Covid-19. Ibaratnya, kembali 'dikekang' pas lagi senang-senangnya belajar tatap muka.

Kembali belajar tatap muka, suatu kebahagiaan bagi murid

Hampir semua murid, pasti senang bisa kembali ke sekolah. Materi pelajaran bisa menjadi urutan ke sekian. Bertemu, bermain, mengobrol bersama teman dan guru. 

Berlarian di lorong dan playground, menjajaki anak tangga, menginterupsi guru yang mengajar untuk ke toilet atau mengisi botol minum, atau bahkan sekedar untuk minum. Menyenangkan!

Para murid suka berkumpul dengan teman-temannya. Namanya juga makhluk sosial. Kembali belajar tatap muka jadi kebahagiaan tersendiri bagi murid. Kegiatannya lebih beragam dan leluasa berinteraksi langsung. Bisa menikmati makan siang bersama. Dan tentu saja, momen bel berdering saat pergantian pelajaran, istirahat atau jam pulang adalah yang paling dinanti. Ini baru sekolah!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan