Mohon tunggu...
Kris Wantoro
Kris Wantoro Mohon Tunggu... Pengamat dan komentator pendidikan

dewantoro8id.wordpress.com • Tak limpah materi, tapi membeli buku. Tak pintar, maka terus membaca.

Selanjutnya

Tutup

Finansial Artikel Utama

Merekam Aliran Keuangan, Emang Penting?

18 September 2020   12:35 Diperbarui: 20 September 2020   14:03 401 20 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Merekam Aliran Keuangan, Emang Penting?
foto: moneycontrol.com

Baru masuk langsung keluar, kok. Apanya yang mau dicatat? Mungkin begitu sebagian kita bakal berkomentar. Tambahkan kelompok orang yang bermusuhan dengan administrasi.

Saking tidak ada ide mau menulis apa, mumpung keuangan saya juga pas kepepet di banyak sisi, lebih baik menulis. Semoga bisa agak meregangkan saraf, atau tambah tegang? Entahlah.

Sewaktu kuliah, saya tahu rasanya jadi panitia Latihan Menengah Kepemimpinan Mahasiswa (LMKM), program umum pelatihan mahasiswa gitulah. Jabatan bendahara. Tidak ada potongan saya bisa dipercaya, bakat akuntansi boro-boro. Ketua bidang senat mahasiswa salah pilih, pasti.

Bukan apa-apa, bayangkan seorang mahasiswa labil diserahkan Rp 30juta, cash! Duit semua itu!

Untungnya, meski bersahabat dengan kekurangan sejak kecil, tak mempan pikiran untuk menilep barang seribu.

Beban berikutnya adalah membuat laporan terperinci, Rp 100,- pun harus jelas ke mana penggunaannya. Ini uang mahasiswa, bung.

Syukurnya, sang ketua bidang mau menolong saya membuat laporan keuangan. Serta menempel semua nota belanja di HVS, macam kliping begitu. 

Saldo yang masih belasan juta itu berhasil dikembalikan pada bagian keuangan kampus. Laporan diterima, tidak ada komplain. Aman.

Di tahun akhir kuliah, saya pernah pelayanan di organisasi non-pemerintah, Pusat Pengambangan Anak (PPA), sebagai mentor remaja.

Salah satu tugasnya belanja bulanan dan mengumpulkan nota. Mengelolah Rp 30 juta pernah, ini hanya Rp. 5 0ribu/bulan bukan masalah dong. Belajar setia perkara kecil.

Godaan kecil sering datang. Jika bahan yang dibeli bulan lalu masih ada, buat apa membeli lagi di bulan ini? Sedangkan harus mengumpulkan bukti belanja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x