Mohon tunggu...
Wanseli hidayaturrohma
Wanseli hidayaturrohma Mohon Tunggu... Mahasiswa IAIN JEMBER

Senyum itu ibadah

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Cabang-cabang Filsafat Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi Pendidikan

13 Maret 2020   11:27 Diperbarui: 10 April 2020   20:27 121 1 0 Mohon Tunggu...

Assalamu'alaikum wr.wb...

Halloo kawan-kawan bagaimana kabarnya? Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT saya wansely hidayatur rohma, Disini saya akan mengulang atau mereview kembali materi yang telah  saya dapatkan dari teman-teman saya ketika di dalam kelas filsafat pendidikan. Disini materi yang akan dibahas atau yang akan disampaikan ialah materi tentang cabang-cabang filsafat yang disini cabang-cabang filsafat terbagi menjadi tiga bagian yaitu ontologi pendidikan, epistemologi pendidikan,dan yang terakhir yaitu aksiologi pendidikan.

Membahas tentang materi ontologi pendidikan tentunya kita harus dapat mengetahui apa yang dimaksud dari dua kata tersebut, arti dari kata ontologi sendiri ontologi adalah cabang ilmu yang membahas tentang hakikat yang benar-benar nyata adanya.

Dan sedangkan pengertian dari pendidikan sendiri yaitu pendidikan merupakan suatu perilaku seseorang agar seseorang itu di masa depan nya mampu beradaptasi dengan lingkungan yang ada disekitarnya.

Selanjutnya yaitu epistemologi pendidikan, epistemologi merupakan  teori pengetahuan dari cabang filsafat yang membahas tentang persoalan mengenai nilai-nilai kebenaran.

Yang menjadi permasalahan nya ialah pengetahuan yang benar ialah pengetahuan yang berasal dari tuhan, maksudnya yaitu Tuhan adalah sumber pengetahuan yang sebenar-benarnya. Seperti contoh: seorang guru atau seorang pendidik menerangkan kepada  peserta didik nya untuk tidak boleh merokok dikarenakan tidak ada manfaatnya  secara tidak langsung seorang peserta didik itu menirukan sikap atau sifat yang  nyata dari seorang pendidik itu.

Naah.., yang terakhir yaitu aksiologi pendidikan kawan-kawan...

Aksiologi pendidikan ini selalu berkaitan dengan masalah ilmu dan pengetahuan maksudnya ialah selalu memikirkan segala sesuatu hakikat pengetahuan yang bersifat fisikal dan metafisikal baik yang lumrah (umum) maupun yang khusus. Oleh karena itu kajian nya itu lebih mengarahkan kepada dasar-dasar pengetahuan dalam bentuk penalaran, logika, dan kriteria kebenaran.

Naaah... Gimana kawaa...??? Sudah mengerti kann apa yang dimaksud ontologi pendidikan, epistemologi pendidikan, dan aksiologi pendidikan semoga kawan-kawan mengerti yaa...

Sekian Darii saya yaa kawan-kawan semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua...

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh...

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x